BekasiBerita UtamaCikarangPemiluPolitik

Bawaslu Rekomendasikan PSU di Empat Kecamatan

IMG-20190510-WA0005-01
ILUSTRASI: Sejumlah anggota KPU Kabupaten Bekasi berada di meja saat akan melakukan rapat pleno terbuka, Kamis (9/5). PRA/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi merekomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi agar melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Karena, ditemukan sejumlah pelanggaran yang menurut Undang-undang harus dilakukan PSU. Sejauh ini beberapa kecamatan memang ada yang salah penulisan. Sehingga terjadi gejolak saat proses rekapitulasi berkaitan dengan suara sah dan tidak sah di Kecamatan.

Kami sudah sampaikan ada beberapa catatan kaitan dengan mekanisme dan prosedur yang dilakukan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) saat proses rekapitulasi, sehingga harus dilakukan PSU,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi, Kamis (9/5).

Menurutnya, sejauh ini beberapa kecamatan harus melakukan PSU di antaranya Kecamatan Babelan, ada 14 TPS yang harus melakukan PSU, lalu Kecamatan Cabangbungin, Cikarang Timur, dan Cikarang Barat juga terjadi gejolak suara saat rekapitulasi di Kecamatan.

Dari catatan kami, ada beberapa kecamatan yang harus melakukan PSU, dan itu yang membuat proses rekapitulasi terhambat,” kata Akbar.

Ia menambahkan, nantinya akan dilakukan pencocokan DA 1 yang dimiliki oleh PPK, Panwas, dan para saksi saat proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten. Kemudian apabila masih ada data yang tidak sesuai, bisa dibuka di kotak suara DA 1 pleno kecamatan. Kalau misalkan masih ada gejolak lagi, akan dibuka DA A1 pleno tingkat desa.

Nanti akan dicocokkan saat rekapitulasi di tingkat Kabupaten sesuai mekanisme yang berlaku. Sejauh ini, beberapa kecamatan memang ada yang salah penulisan, tapi saat dicek kembali, baru ketahuan dimana letak kesalahannya,” tandas Akbar.(pra)

 

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker