BekasiBerita UtamaPemilu

Terpaksa Hitung Ulang

Ratusan Kotak Suara Dibongkar

Illustrasi Pemilu
Illustrasi Pemilu

Radarbekasi.id – Peroses rekapitulasi dan penghitungan di kecamatan Tambun Selatan berlangsung alot. Hingga batas waktu yang telah ditentukan yakni tanggal 7 Mei, hingga saat ini proses rekapitulasi belum rampung.

Bahkan, Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) harus membongkar ratusan kotak suara. Pasalnya, ratusan kotak suara dari 413 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Sumberjaya dan Desa Mangunjaya harus dihitung ulang. Khususnya untuk surat suara DPR RI. Hal tersebut dilakukan, karena ada tuntutan dari saksi PDIP yang merasa ada penggelembungan suara di dua Desa tersebut.

Wakil Kordinator divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Bekasi Alif Widada mengatakan, dari 413 kotak suara tersebut baru 26 kotak suara yang sudah dihitung ulang.”Jumlah TPS yang dihitung ulang, untuk Desa Sumberjaya sebanyak 216 TPS, dan Desa Mangunjaya sebanyak 197 TPS. Yang udah dihitung baru 26 kotak, dan sisanya sekitar 300 lebih,” kata Alif kepada Radar Bekasi, Jumat (10/5).

Menurutnya, dengan adanya Penghitungan ulang ini jelas sangat menghambat. Namun, ia tetap meminta agar PPK dan Panwascam bisa mempercepat penghitungan suara dengan membagi beberapa kelompok atau meja penghitungan.

Hanya saja, rencananya memperbanyak meja penghitungan terjadi kendala, seperti Ketua Panwascam dan Ketua PPK Tambun Selatan masuk rumah sakit. Sehingga untuk sekarang proses rekap hanya jalan dua kelompok atau meja penghitungan, dari yang tadinya direncanakan delapan panel atau meja penghitungan.

“Kami berharap besok (hari ini,red) harus selesai. Alternatifnya harus nambah panel, dengan melibatkan orang KPU yang ada dikantor, Bawaslu juga akan menurunkan stafnya,” tegasnya.

Mengingat masih ada dua jenis surat suara yang belum dilakukan rekapitulasi, seperti surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. “Kalau data para saksi dan PPK berbeda, akan terus-terusan seperti ini. Kami berharap datanya tidak ada yang berubah lagi, sesuai yang direkap aja,” tuturnya.  (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + eleven =

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker