Berita UtamaPolitik

Gerindra Rebut Kursi Ketua Dewan

Illustrasi Partai Gerindra
Illustrasi Partai Gerindra

Radarbekasi.id – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kabupaten Bekasi menunjukan kekuatannya pada pemilihan umum legeslatif DPRD Kabupaten Bekasi tahun ini. Hal ini dibuktikan dengan perolehan kursi terbanyak, yakni 11 kursi.

Dengan perolehan kursi terbanyak tersebut, dipastikan pimpinan DPRD Kabupaten Bekasi akan dikendalikan oleh partai besutan Prabowo Subianto ini. Sementara Partai Golkar yang pada Pemilu 2014 lalu menguasai kursi parlemen dengan 10 kursi, kini merosot menjadi 7 kursi (lihat grafis).

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bekasi, Nugraha mengatakan, perolehan kursi tersebut merupakan hasil kerja keras selama sembilan bulan melakukan kampanye dan sosialisasi.

“Saya melihat hasil ini atas kerja keras kita semua, baik Bapilu, DPC, PAC, Ranting, dan tentunya para calon legislatif dari Partai Gerindra, sehingga Gerinda bisa menjadi pemenang di Kabupaten Bekasi,” ujarnya saat dihubungi Radar Bekasi, Senin (13/5).

Untuk menentukan siapa yang layak menjadi ketua DPRD Kabupaten Bekasi, menurutnya, internal Partai Gerinda akan melakukan rapat terlebih dahulu, siapa yang akan direkomendasikan menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bekasi. Menurutnya, semua Calon Legislatif yang terpilih mempunyai peluang yang sama.

“Kalau mengenai Ketua DPRD, nanti kita rapatkan dulu ya. Nama yang sudah terpilih akan kita rekomendasikan ke Ketua pimpinan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi, Ahmad Budiarta mengakui merosotnya hasil perolehan suara maupun kursi di DPRD Kabupaten Bekasi. “Sebelumnya kita dapat sepuluh kursi, sekarang tujuh kursi, memang menurunan, tapi tidak signifikan,” ujarnya belum lama ini.

Kendati demikian, dia mengaku menghormati keputusan yang sudah di keluarkan oleh KPU kabupaten Bekasi, ”Ini semua kan pilihan masyarakat,”singkatnya.

Untuk diketahui, menurut data yang ada di KPU Kabupaten Bekasi, pemilu tahun 2019 mengalami kenaikan jumlah pemilih dari pemilu sebelumnya, sekarang jumlah pemilih mencapai 81 persen, sedangkan sebelumnya hanya 67 persen.

Kenaikan partisipasi elektoral pemilih terjadi di Jawa Barat, peningkatan sebesar 79,39% atau dengan jumlah 27.476.079 pemilih yang menggunakan hak pilihnya dari pemilih terdaftar sebanyak 34.610.279 pemilih. Sehingga partisipasi elektoral di Jawa Barat di atas target partisipasi elektoral sebesar 77,5%. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker