Olahraga

Cara Pengcab Gaet Atlet Potensial

Bidik Atlet PPOPD hingga Gaet Atlet Luar Daerah

Arung Jeram
PORDA: Atlet Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Bekasi ketika tampil di Porda XIII 2018. DOK/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Proses pembinaan sejatinya sudah dijalankan pengurus cabang (Pengcab) guna mempersiapkan berbagai event kejuaraan hingga puncaknya pada olahraga multi event empat tahunan. Bagaimana persiapan dan upaya Pengcab? berikut laporannya.

Proses pencarian atlet untuk masuk pemusatan latihan cabang (Pelatcab) cabang olahraga mulai dilakukan. Namun sejumlah cabor masih mengalami kendala. Baik perihal SDM atlet hingga proses pendanaan pelatcab.

Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) misalnya, masalah SDM atlet membuat pembinaan cabor sedikit terkendala.

Solusinya, Pengcab kini membidik atlet Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar Daerah (PPOPD) yang dibentuk Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora).

Kondisi itu diakui Ketua Pengcab PGSI Kabupaten Bekasi, Bondan.

”Untuk pembinaan kita melihat ke PPOPD. Kalau ada yang memiliki potensi, otomatis akan dibina di Cabor,” ujar Bondan ketika ditemui Radar Bekasi, di Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Jalan Rawa Tembaga, Kecamatan Bekasi Selatan, Selasa (14/5).

Mempersiapkan atlet muda diakuinya memang perlu dilakukan. Hal itu menyusul regulasi di Porda 2022 nanti.”Mudah- mudahan, kita bisa segera membina atlet baru,” ucapnya.

Disamping membina atlet baru, pihaknya juga tetap menjaga kualitas atlet eks Porda XIII 2018 yang masih memiliki peluang menggaet medali di Porda berikutnya.
”Atlet eks Porda XIII 2018 ada tiga, semuanya berpeluang meraih medali emas,” tegasnya

Cabor lain yang belum menjalankan pembinaan yakni Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI). Khususnya pada atlet putri.

”Untuk putra kita sudah ada tim. Kalo putri belum ada. Kita masih belum menjalankan pembinaan,” ujar Sekretaris Umum FAJI Iwan Setiono.

Dalam waktu dekat, kata dia, pencarian tim putri akan dilakukan pengcab. Hasil yang sudah disepakati, tim putri akan diambil dari luar daerah, Sukabumi.

”Iya, kita sudah komunikasi dengan tim Sukabumi. Insya Allah, Juni sudah bisa di survei, dan diprogres. Untuk tim putra, kita ada, namun latihan bersama belum dilakukan,” tukasnya. (dan)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker