Berita UtamaPemiluPolitikRealtime

Bawaslu Jabar : KPU Kabupaten Bekasi Terbukti Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

Zaki Hilmi
Zaki Hilmi

RadarBekasi.id – Bawaslu Provinsi Jawa Barat memutuskan KPU Kabupaten Bekasi terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administratif Pemilu. Hal itu terkait dengan laporan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengenai dugaan pelanggaran perbedaaan perolehan hasil penghitungan suara antara C1 dengan DAA1 dan DA1 untuk Pemilihan DPR RI di 233 TPS se – Kelurahan Jatimulya.

Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Zaki Hilmi menjelaskan, terdapat sejumlah fakta persidangan ketika kasus tersebut diproses.

Pertama, pada saat pelaksanaan proses rekapitulasi di tingkat PPK Tambun Selatan dan KPU Kabupaten Bekasi, pelapor telah menyampaikan keberatan perihal perbedaan perolehan suara antara salinan C1 milik pelapor dengan DAA1-DPR dan DA1-DPR hasil rekap tingkat PPK Kecamatan Tambun Selatan dengan mengisi formulir model DB2.

BACA :Permintaan Tak Diakomodir, Saksi PKS Walk Out

Kedua, PPK membuat perlakuan yang berbeda terhadap keberatan yang disampaikan pelapor di Pleno Rekapitulasi PPK dengan keberatan yang dilakukan peserta lain.

Fakta persidangan selanjutnya yakni, pada saat pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK dalam satu wilayah, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan formulir model DAA1-DPR tidak segera diberikan kepada saksi.

BACA : KPU Dituding Gelembungkan Suara untuk PKS

Keempat, bahwa dokumen salinan DAA1-DPR yang diserahkan kepada saksi tidak ditandatangani oleh Ketua, Anggota PPK dan saksi yang hadir.

Dan yang terakhir, dalam pemeriksaan terlapor (KPU Kabupaten Bekasi) tidak memberikan bukti dokumen maupun saksi. Sehingga, Majelis hanya mendapatkan keterangan dari saksi dan bukti dari pelapor.

BACA : Oknum PPK Tamsel Diduga Main Mata

“Bawaslu memutuskan memberikan teguran tertulis kepada KPU Kabupaten Bekasi,” katanya saat dihubungi Radar Bekasi, Kamis (16/5).(neo)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker