Berita UtamaPendidikan

Hanya Terima 40 Santri

Tadarus
TADARUS: Sejumlah santri SMP Qur’an Ibnu Katsir Boarding School Bekasi terlihat khusyu melakukan kegiatan tadarus Al-Quran, kemarin.Dewi Wardah/Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMP Qur’an Ibnu Katsir Boarding School Bekasi hanya menerima 40 santri dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019.

“Sampai saat ini sudah ada 24 santri ikhwan dan akhwat yang siap bergabung di SMP Qur’an Ibnu Katsir Boarding School Bekasi,” ujar Kepala Yayasan SMP Qur’an Ibnu Katsir Boarding School Bekasi, Zait Abdurahman Afif, Rabu (15/5).

Peneriman peserta didik sudah dibuka sejak Desember akhir tahun lalu, hingga ditutup sampai kuota 40 santri dapat terpenuhi. Santri baru yang mendaftar harus melalui tes baca Quran, matematika, dan wawancara.

Yang paling cukup berat ialah tes baca Quran, karena calon santri akan diuji kemampuan dalam membaca, menghafal, dan seberapa banyak hafalannya.

“Tiga tahapan ini menjadi tolak ukur untuk santri baru yang akan mendaftar,” ujarnya.

Menurut Afif, SMP Qur’an Ibnu Katsir Boarding School Bekasi berbeda dengan sekolah pada umumnya. Karena boarding school, santri tak boleh pulang ke rumah selama Senin sampai Jumat.

Selain terawasi dan terbimbing selama 24 jam di asrama, santri juga mendapatkan pelajaran mengenai pendidikan karakter, serta mendalami ilmu-ilmu agama.

Sistem belajar seperti ini membuat santri belajar lebih mandiri dengan kesehariannya, dan tak lepas dari tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar.
“Dengan diterapkannya boarding school ini sebenernya cukup kompleks, karena kita akan tahu karakter santri didalam kesehariannya dan jika kesehariannya buruk, maka akan kami rubah semua dengan keseharian yang lebih baik,” katanya.

Afif menambahkan, lulusan SMP Qur’an Ibnu Katsir Boarding School Bekasi nanti akan memiliki iman yang menghujam dan aqidah yang selamat. Selain itu juga beradab dan bermental positif, serta mampu hafal Al-Quran 30 juz, hafal 100 hadist pendek seputar iman dan adab, serta memiliki kampuan berbahasa arab dan bahasa inggris.

“Insya Allah kami kami akan mendidik anak-anak didik kami dengan ilmu yang bermanfaat, baik agama, perilaku dan adabnya,” pungkasnya. (cr46)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker