Pendidikan

Penilaian Akhir Siswa di SDN Jatikramat 1

Kenaikan Kelas juga Berdasarkan Tiga Aspek

siswa
BELAJAR: Sejumlah siswa SDN Jatikramat 1 mengikuti proses belajar mengajar dikelas.Dok Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Proses belajar mengajar pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 telah berakhir. Kini, tiba saatnya Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk peserta didik tingkat SD.

Pelaksanaan PAS di Kota Bekasi secara serentak telah dimulai sejak 13 -18 Mei 2019. Di SDN Jatikramat 1, ujian akhir semester diikuti sebanyak 208 siswa kelas I-V.

Dengan menggunakan 8 ruangan, tiap kelas masing-masing diisi oleh 38 siswa. Mereka nampak semangat mengerjakan soal pada ujian dihari ketiga, Rabu (15/5).

Para siswa kelas 3 menghadapi ujian dengan mata pelajaran IPS dan Bahasa Sunda. Sedangkan kelas 1,2,4 dan 5 menggunakan tema 8 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, dengan masing-masing 40 soal pilihan ganda dan uraian.

Kepala Sekolah SDN Jatikramat 1, Jatikramat 1 Kota Bekasi, Sanusi menjelaskan sistem pembelajaran siswa kelas 1,2,4, dan 5 disekolahnya menggunakan kurikulum 2013. Karena itu, penilaian siswa berdasarkan subtema.

Sementara, siswa kelas 3 masih menggunakan sistem pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam kurikulum 2006 ini, penilaian siswa masih dominan berdasarkan pada aspek pengetahuan.

“Untuk tahun ajaran ini belum menggunakan K13 semua, tetapi tahun ajaran baru sudah menggunakan K13 seluruhnya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (15/5).

Menurut dia, ujian akhir semester yang berlangsung mulai pukul 07.30-11.00 WIB hanya terbagi satu shift. Sanusi berharap, siswa tetap fokus dan semangat mengikuti ujian sampai dengan hari terakhir agar bisa mendapat nilai yang memuaskan.

“Semoga siswa bisa mendapatkan nilai terbaik sehingga nantinya tidak ada perbaikan nilai,” harapnya.

Penentuan siswa naik kelas atau tidak, bukan hanya ditentukan berdasarkan hasil nilai ujian. Tetapi juga berdasarkan tiga aspek, seperti kognitif (pengetahuan), psikomotorik (perkembangan diri), dan afektif (sikap).

“Siswa harus memiliki sikap dan perkembangan diri yang baik di lingkungan sekolah hingga guru bisa menilai dari tiga segi aspek yang ada,” pungkasnya. (cr46)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker