Berita UtamaPendidikan

Metode Daring untuk Tingkatkan Kualitas Anak Didik

daring
UJIAN DARING: Siswa SMKN 7 Kota Bekasi saat menjalani ujian kenaikan kelas berbasis daring.Dewi Wardah/Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMKN 7 Kota Bekasi telah menerapkan metode daring (online) dalam pelaksanaan ujian kenaikan kelas. Penilaian Akhir Tahun Berbasis Komputer (PATBK) ini dianggap lebih efektif.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMKN 7 Kota Bekasi, Heri Purnomo mengungkapkan, penilaian akhir tahun berbasis komputer lebih efektif dilakukan karena teknisnya seperti ujian nasional berbasis komputer. Tentunya, pelaksanaan metode daring agar siswa lebih terbiasa.

“Metode ini salah satunya untuk meningkatkan kualitas anak didik kita dalam segi tertentu,” ujar Heri, kepada Radar Bekasi, Kamis (16/05).

Ujian kenaikan kelas di SMKN 7 Kota Bekasi diikuti 342 siswa kelas 10 dan 217 siswa kelas 11. Berlangsung sejak 13-18 Mei 2019 mulai pukul 07.30-15.30 WIB, pelaksanaan ujian terbagi dalam empat shift.

Menggunakan empat laboratorium, tiap laboratorium diisi sebanyak 36 siswa. “Baik kelas 10 dan 11 semuanya melakukan ujian kenaikan kelas dengan menggunakan metode daring,” ujar Heri.

Dalam ujian berbasisng daring, siswa mendapatkan username dan password untuk login. Nantinya, guru tak perlu memeriksa jawaban ujian siswa untuk memberikan nilai.

Pasalnya, hasil ujian dapat diketahui langsung oleh siswa setelah selesai logout. “Jika siswa sudah mengetahui jumlah soal yang benar dan salah, dihari berikutnya kami harap siswa bisa memperbaiki nilai dengan lebih baik,” harapnya.

Heri menambahkan, pelaksanaan ujian akan dilakukan ulang apabila tiba-tiba terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Sebab, sekolah belum memiliki jenset.

“Jika ada kendala pemadaman listrik secara tiba-tiba pada saat proses berjalannya ujian ini, sekolah akan membuat hari pengganti tanpa merubah jadwal yang sudah ditentukan. Karena untuk saat ini kami belum memiliki jenset,” pungkasnya. (cr46)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close