Pendidikan

Reza Juliandri, Pelajar Indonesia yang Dilirik Google LLC

Sering Diskusi dengan Pelajar Asing Melalui Internet

LLC
FOTO BERSAMA: Reza Juliandri (tengah) foto bersama dengan Wakepsek Bidang Kesiswaan SMKN 5 Kota Tangerang Aminudin (empat dari kiri).Ist

Radarbekasi.id – Indonesia patut berbangga dengan raihan prestasi Reza Juliandri. Atas keberhasilannya memenangkan kompetisi bergengsi tingkat internasional, lulusan SMK Negeri 5 Kota Tangerang ini dilirik jadi incaran perusahaan kelas dunia, yakni Google LLC.

Setelah menjuarai ajang Kompetisi Google Code-In, Reza diundang langsung bertandang ke markas besar perusahaan multinasional yang bergerak pada jasa dan produk internet di Amerika Serikat.

Kompetisi bergengsi tingkat internasional yang dimenangi siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak itu berlangsung akhir Januari 2019. Kompetisi Google Code-In 2018 itu digelar digelar langsung oleh pemilik perusahaan jasa internet dunia, Google di Singapura.

Reza Juliandri mengungkapkan kemenangan dalam Kompetisi Google Code-In dia peroleh dengan kerja keras dan belajar di sekolah. Ketertariakannya dengan bidang pragramer itu muncul sejak duduk dibangku SMP. Kemudian dirinya mendalami pelajar itu di SMKN 5 Kota Tangerang.

“Temen-temen saya bilang jenuis, tapi saya anggap ini belum ada apa-apanya. Memang sudah lama tertarik dengan dunia digital. Dulu waktu SMP sering banget kutak katik komputer, dan selama di SMKN 5 saya memperdalam dunia Information Technology (IT) dan bahasa programnya,” tuturnya.

Reza menambahkan, selama mendalami ilmu perangkat lunak dirinya acap kali menjuarai perlombaan serupa. Baik tingkat kita, daerah dan nasional. Bahkan totalitas mendalami ilmu tersebut pun membuat dirinya memiliki teman-teman dari berbagai negara.

”Harus totalitas dalam mengejar cita-cita sebagai programer. Alhamdulilah teman-teman saya jadi banyak. Ya sering diskusi sama pelajar asing melalui internet. Dari ini saya elaborasi semua ilmu itu dan diterapkan dalam kehidupan nyata,” pungkasnya.

Reza diundang khusus berkunjung ke markas Google di Amerika Serikat ayng seluruh biaya akomodasi dibiaya sepenuhnya oleh perusahaan kelas dunia tersebut. Reza berada di negeri paman sam ini selama satu pekan untuk melihat langsung kemegahan dan ruang kerja programer handal pada markas Google di California.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Kesiswaan SMKN 5 Kota Tangerang Aminudin Mengatakan awalnya Reza didaftarkan lewat website dan diterima. ”Reza pun kami dampingi selama mengikuti kompetisi. Ya tidak sangka, siswa kami ini menang lomba tingkat internasional,” terangnya kepada Indopos (Group Radar Bekasi), kemarin.

Tak hanya itu, Aminudin mengaku, jika siswanya ini berhasil menyingkirkan 1.350 peserta dari 63 negara yang ikut dalam kompetisi bergengsi tersebut. Kata dia lagi, Reza berhasil membuat program baru yang diujikan oleh panitia lomba.

Aminudin pun menyatakan, jika mereka sempat cemas dengan kompetisi yang diikuti Reza. Sebab, juara-juara kompetisi dari beberapa negara lain ikut ambil bagian. Seperti pelajar dari Romania, India, Rusia, Hong Kong, Singapura, Uruguay, Polandia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.

”Tentu negara itu pasti sudah sangat hatam soal ilmu programer. Dan Alhamdulilah siswa kami ini bisa menyingkirkan calon juara-juara itu. Jadi kekhawatiran kami pun berhasil ditangkal sama Reza,” ucapnya.

Setelah memenangkan lomba bergengsi itu, lanjut Aminudin, lulusan SMKN 5 Kota Tangerang sempat dilirik Google LLC. Salah satunya, perusahaan kelas dunia ini meminta pihaknya terus mengembangkan ilmu programer ke para siswa. Bahkan, perusahaan asal negeri paman sam ini meminta siswa dengan lulusan terbaik ditawari bekerja di Google.

”Kami dibidik untuk mengembangkan soal perangkat lunak. Mereka tertarik dengan metoda yang kami ajarkan ke siswa. Ini sangat langka dan kami termotivasi untuk itu semua,” terangnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Aminudin menegaskan, pihaknya akan meningkatkan fasilitas informasi teknologi yang ada disekolah. Sehingga tidak lagi ada alasan bagi siswa untuk bermalas-malasan mempelajari informasi teknologi.

Kemudian juga SMKN 5 Kota berencana memberikan apresiasi kepadanya yang diharapkan prestasi Reza dapat juga ditularkan kepada peserta didik lain di sekolah tersebut. ”Di sekolah ini ada komunitas IT yang didalamnya berisi anak-anak memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi atas dunia IT,” paparnya. (jpc)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Satu Komentar

Close
Close