Berita UtamaLingkunganMetropolis

Normalisasi Kali Bekasi Masih Dikaji

Radarbekasi.id – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) masih mengkaji rencana normalisasi Kali Bekasi. Mulai dari anggaran hingga teknis pelaksanaan.

Kepala BBWSCC, Bambang Hidayah mengatakan, terkait dengan rencana normalisasi Kali Bekasi saat ini masih dikaji, sebelum diserahkan kepada pemerintah pusat. Saat ini pihaknya masih menunggu penjaminan lahan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

“Masih di kita, karena kita belum menyampaikan ke pusat, karena masih menunggu jaminan tanahnya dulu. Kan syaratnya harus ada penjaminan tanah,” ungkapnya, Minggu (19/5).

Bambang menjabarkan bahwa terkait dengan penjaminan lahan, penetapan lokasi berada di tangan Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Wali Kota Bekasi. Pembebasan tanah tersebut dibutuhkan untuk memudahkan normalisasi disepanjang daerah aliran sungai mulai dari Kecamatan Jatiasih sampai dengan wilayah Bekasi Utara.

Terkait rencana anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan normalisasi tersebut, ia belum bisa memastikan berapa besar dana yang dibutuhkan.

“Jadi yang untuk Kali Bekasi masih disusun sama teman-teman, sedang dikaji,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan terkait dengan persiapan normalisasi belum ada pertemuan dengan BBWSC.

“Prinsipnya begitu, nanti kita duduk bareng dengan BBWSCC itu nanti apa yang menjadi tanggung jawab kota, tangung jawab pemerintah itu nanti yang akan menjadi konsisten,” ungkapnya.

Terkait dengan kesanggupan pemerintah Kota Bekasi untuk membebaskan lahan disepanjang daerah aliran sungai, ia belum memastikan. Namun, Tri memaparkan bahwa sebagian lahan di sepanjang aliran Kali Bekasi tersebut berada di area Garis Sepadan Sungai (GSS). (sur)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close