Olahraga

Dukungan Pemerintah Rangsang Prestasi Atlet

Pemerintahan Baru, Angin Segar buat Atlet Indonesia

Radarbekasi.id – Pesta demokrasi di Indonesia akhirnya selesai. Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Presiden serta Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kabar ini jadi angin segar buat para atlet berprestasi di Indonesia.

Olahraga Indonesia dalam kurun lima tahun terakhir memang mulai bangkit. Sokongan pemerintah boleh dibilang bisa jadi faktor utama di balik berprestasinya anak bangsa di luar negeri.

Pada Asian Games 2018 lalu contohnya. Indonesia secara mengejutkan sukses menduduki peringkat keempat dalam klasemen perolehan medali. Putra-putri Merah Putih menorehkan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Pemerintah memang merangsang prestasi para atlet dengan bonus melimpah ruah. Peraih emas diguyur bonus Rp 1,5 miliar, perak Rp 500 juta, dan perunggu Rp 250 juta. Tak cuma itu, peraih medali emas dan perak bahkan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mengomentari soal pemerintahan yang baru, atlet panahan Riau Ega Agatha menuturkan bahwa berkaca dari pemerintahan Jokowi selama 5 tahun terakhir bersama Jusuf Kalla, ia dan para atlet lainnya memang mendapatkan apresiasi yang layak.

“Wah mas, enggak perlu dijawab kayaknya sudah tahu (dukungan pemerintah di sisi olahraga, Red). Apresiasinya luar biasa buat prestasi kami. Bukan cuma buat cabor saya saja, tapi semuanya didukung penuh,” ujar Ega saat dihubungi JawaPos.com.

Ega sendiri sukses merebut medali perunggu pada Asia Games 2018 lalu pada nomor recurve men’s individual. Atlet 27 tahun itu berharap pada pemerintahan baru nantinya, pemimpin yang menjabat tetap mendukung perjuangan para atlet dalam mengharumkan nama bangsa.

Apalagi, sejumlah event besar sudah menunggu di depan. Mulai dari SEA Games 2019, hingga Olimpiade Tokyo 2020.

“Saya enggak pernah ragu kepada pemerintah dalam mendukung perkembangan olahraga Indonesia. Semoga ke depan terus mendukung kami memajukan olahraga Indonesia,” sambung Ega.

Pendapat senada juga dikemukakan lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan. Atlet asal Lampung itu berharap, pemerintah tak pernah bosan untuk mendukung majunya olahraga Tanah Air, khususnya cabang olahraga angkat besi yang notabene merupakan salah satu cabang olahraga andalan Indonesia.

“Semua pasti ingin selalu berusaha lebih baik dari sebelumnya. Atlet selalu dituntut prestasi lebih bagus, pemerintah pun sama. Pembinaan yang lalu yang sudah baik ya harus ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi,” tutup Eko.(jpc)

Tags
Close