Berita UtamaCikarangInfrastruktur

Perbaikan Jalur Mudik Dikebut

Jalur Mudik Belum Aman
PJU RUSAK : Pengendara melintasi Jalan Inspeksi Kalimalang Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Jumat (17/5). Jalan yang menjadi jalur para pemudik itu masih minim penerangan lampu Penerang Jalan Umum (PJU).ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mulai melakukan perbaikan jalan rusak yang menjadi jalur mudik.

Sejauh ini, beberapa ruas jalan yang sedang dalam proses pengerjaan perbaikan di antaranya yakni wilayah Kelurahan Jatimulya – Kecamatan Tambun Selatan, depan Gerbang Tol Cibitung – Kecamatan Cibitung, wilayah Sukadanau – Kecmatan Cikarang Barat dan wilayah Tegal Gede, Cikarang Selatan.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menuturkan, pihaknya telah meninjau ulang jalan rusak di wilayah setempat untuk diperbaiki sejak tanggal 13 Mei 2019 lalu. Pihaknya pun langsung melakukan perbaikan jalan yang sudah masuk pada Daftar Penggunaan Anggaran (DPA).

“Kita sudah meninjau sebelumnya dengan Kemen PUPR ke titik lokasi jalan yang akan diperbaiki. Untuk saat ini sudah beberapa titik yang kami perbaiki,” kata Iman kepada Radar Bekasi, Rabu (22/5).

Ia menjelaskan, perbaikan tidak hanya dilakukan di jalan rusak. Tapi, pihaknya juga memperbaiki kerusakan di jembatan penghubung di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang.

“Perbaikan jalan terealisasi lebih cepat dari waktu perencanaan. Namun untuk lubang-lubang yang kecil belum semua rampung diperbaiki, tapi untuk jalan yang rusak parah dipastikan sudah selesai semua. Kecepatan perbaikan tersebut lantaran adanya partisipasi perbaikan dari Kemen PUPR,” ujarnya.

Iman berharap perbaikan jalan tersebut dapat memberikan kenyamanan untuk pengendara pada arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Dinas Kebersihan untuk ikut mempersiapkan jalur mudik.

Surat koordinasi bagi dinas terkait juga sudah disampaikan melalui surat perintah yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju dan diketahui Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Hal itu dilakukan karena untuk mengurai kemacetan pada arus mudik mendatang, tidak cukup jika hanya dilakukan dengan memperbaiki kondisi jalan. “Melainkan adanya pengaturan rekayasa lalu lintas serta pemasangan rambu lalu lintas dan penertiban bangunan liar pada jalan yang sudah kami perbaiki,” tuturnya.(and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker