BekasiBerita UtamaRealtime

Penutupan Rest Area di Jalan Tol Japek Arah Jakarta Dibatalkan

ILUSTRASI : Kepadatan kendaraan terjadi di sekitar KM 16 Jalan Tol Jakarta – Cikampek, Jumat (7/5) sore. NEO/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Penutupan secara penuh rest area yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta batal dilakukan, Sabtu (8/6). Jasa Marga tidak akan menutup rest area secara penuh setelah mempertimbangkan masukan dari stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi kepolisian.

Namun, akan dilakukan rekayasa buka tutup secara situasional jika terjadi kepadatan kendaraan di rest area.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, rekayasa buka tutup rest area ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik hari pertama, antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Korlantas Polri dan pihak-pihak terkait di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Sementara itu, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengungkapkan, pihak kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Tidak hanya itu, kepolisian juga akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” jelas Refdi.

Kendati demikian, Direktur Operasi Jasa Marga, Subakti Syukur mengimbau, agar pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung,

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelas Subakti.

Pihaknya juga mengimbau agar pengguna jalan menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya diberitakan, seluruh rest area di Jalan Tol Jakarta – Cikampek arah Jakarta akan ditutup hari ini, Sabtu (8/6). Hal itu dilakukan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada saat diberlakukan rekayasa lalu lintas one way arus balik Lebaran 2019 berlangsung.

Corporate Secretary Jasa Marga, Agus Setiawan mengatakan, Jasa Marga sesuai dengan diskresi kepolisian akan menutup rest area pada pukul 12.00 – 24.00 WIB. Rest area yang akan ditutup adalah rest area arah Jakarta seperti rest area Km 62B, Km 52B, Km 42B, dan Km 32B.

“Untuk itu kami mengimbau pengguna jalan untuk dapat beristirahat, mengisi penuh bahan bakar kendaraan serta melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik di rest area maupun di jalan nasional/non tol,” katanya, Jumat (7/6) malam.

Ia menjelaskan, pengguna jalan dari arah Timur (Semarang/Cirebon) yang menuju Jakarta dapat beristirahat serta mengisi penuh bahan bakar kendaraan di sepanjang GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama. Seperti di rest area Km 389B, Km 360B, Km 282B, Km 260B, Km 229B, Km 208B, Km 166B dan Km 102B.

Sementara itu, untuk pengguna jalan dari arah Cileunyi/Bandung yang menggunakan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dapat menggunakan rest area Km 149B, Km 125B, Km 97B, Km 88B dan Km 72B sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.(neo)

Tags
Close