Olahraga

Cara Pengcab ISSI Antisipasi Batasan Usia Atlet

Mulai Bidik Atlet Muda, Berkaca ke Regulasi PON Papua

IISI
ATLET MUDA: Pengurus ISSI Kabupaten Bekasi bersama atlet muda andalannya Reihan Maulidan di salah satu venue sepeda di Bandung. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Bekasi mulai mengantisipasi adanya batasan usia atlet pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022. Sejumlah atet muda kini mulai dibidik.

Pengurus cabang olahraga (Cabor) ISSI Kabupaten Bekasi mulai membaca regulasi batasan usai yang kemungkinan diterapkan di Porda 2022. Selain kualitas usia atlet kini juga menjadi perhatian.

Sekretaris Umum ISSI Kabupaten Bekasi, Ahmad Khumaedi mengaku perombakan total atlet menjadi langkah yang akan dijalankan di tahun 2019 ini.

“Di Pekan Olahraga Nasional (PON) saja, usia ditetapkan 21 tahun bagi tiap atlet. Otomatis, di Porda nanti atlet mesti dibawah usia 21 tahun. Dan kita akan prepare untuk merekrut atlet baru,” ujar Khumaedi kepada Radar Bekasi, Selasa (11/6).

Dia menegaskan, prombakan atlet sudah dikomunikasikan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi.

“Saat ini, kita memiliki beberapa atlet, kurang lebih tujuh. Hanya tiga atlet yang masih muda yakni Reihan Maulidan, Ihsan Gunawan dan Sakila Azka, Sisanya, akan kita ganti karena sudah tidak memungkinkan lagi,” bebernya.

Atlet muda sendiri, kata Khumaedi, akan diposisikan dibeberapa nomor. Pertama, jalan raya lalu sisanya di nomor BMX.

Lebih lanjut, nomor- nomor andalan lainnya juga akan di isi sesuai dengan kemampuan atlet hasil bidikan pengcab. “Beberapa atlet, untuk jalan raya dan BMX sudah ada yang minat dan sudah komunikasi dengan pengcab,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, untuk sepeda BMX nomor yang dipertandingkan tidak banyak. Namun, potensi cukup banyak dengan adanya komunitas BMX Cikarang, BMX Bekasi dan lainnya.

“Nomor BMX, akan jalankan latihan di kawasan bojong mangu,” katanya.

Sedangkan untuk nomor jalan raya, Pengcab masih membidik lokasi latihan yang tepat. “Untuk nomor jalan raya, masih di sekitaran jalan di Kabupaten Bekasi, kita nanti akan atur jalurnya. Tentunya, yang tidak macet dan layak untuk sepeda,” tukasnya. (dan)

Tags
Close