Olahraga

Guntur Pilih Hijrah ke Cabor Selam

Melihat Peluang Porda, Tak Kesulitan Proses Adaptasi

Atlet
PINDAH: Guntur disela latihannya, di Aquatic Centre, komplek Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Salah satu atlet Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bekasi, Guntur (28) kini memilih mengembangkan karirnya di olahraga air lainnya, yakni cabang olahraga selam. Mengapa Guntur lebih memilih cabor selam?, berikut laporannya.

Guntur mengaku tak perlu banyak adaptasi dengan olahraga air yang kini digelutinya di cabor selam.
Dia mengaku enjoy menjalani aktivitasnya sebagai atlet selam. Kemampuannya ketika masih bergabung dengan cabor renang kini juga bisa ia terapkan.

“Tidak perlu adaptasi lebih dengan selam. Justru, nomor ini sangat memudahkan saya mencapai waktu yang cepat,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (12/6).

Kata dia, antara selam dengan renang tidak memiliki perbedaan sehingga tidak perlu lagi penyesuaian saat berada didalam kolam. Hanya yang membedakan di selam yakni adanya alat tertentu. Dalam istilah POSSI, dua item tersebut yakni Fins (sirip selam) dan Snorkel (pembantu napas).
Nomor, snorkeling (selam permukaaan), kata Guntur, menguntungkan dirinya yang memiliki kekuatan kayuhan kaki.

“Dengan cadangan napas banyak dan kayuhan kaki dibantu alat juga, jelas saya bisa lebih bebas dan itu sangat menguntungkan saya untuk unggul di kolam,” katanya.
Pada porda 2018, ketika ia memperkuat PRSI Kabupaten Bekasi, medali perak diraih pada nomor 200 dan 300 gaya punggung. Prestasi itu diharapkannya bisa ditingkatkan dengan bergabung di salah satu nomor selam.

“Semua atlet selam sudah tau. Saya sendiri tidak bisa lengah dengan kondisi ini. Karena bagaimanapun penyelam lainnya tentu akan terus memaksimalkan kemampuan,” bebernya.
Lanjut Guntur dirinya sudah terbiasa dengan pola latihan dengan catatan waktu. Pada salah satu nomor selam, catatan waktu diakuinya akan lebih maksimal dengan dibantu sejumlah perlatan selam yang tida ada di nomor renang.

Jebolan akademi Ragunan 2019 ini mengaku mulai memaksimalkan kemampuannya di olahraga selam sejak bergabung belum lama ini.

”Sekarang saya sendiri sudah menambah dengan latihan fisik dan daya tahan melalui bimbingan program pelatih. Selanjutnya, untuk memaksimalkan potensi, saya akan latihan di tempat TC Pelatnas Jakarta,” bebernya. (dan)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + eight =

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker