Berita UtamaPendidikan

Minimal Hafal Alquran 10 Juz

Langsung Masuk SMP Negeri

hafal
BACA ALQURAN : Siswa terlihat membaca Alquran diruang kelas. Dinas Pendidikan Kota Bekasi membuka jalur khusus bagi siswa penghafal Alquran yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP Negeri pada PPDB 2019.DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi membuka jalur khusus bagi siswa penghafal Alquran atau Hafiz Quran yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP Negeri pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019. Tersedia kuota sebesar lima persen dari total jumlah siswa ditiap sekolah pada jalur prestasi ini.

Kepala Seksi SMP pada Disdik Kota Bekasi, Mawardi mengungkapkan, dibuka jalur ini untuk mendukung siswa dalam meningkatkan kemampuannya dibidang non akademik, khususnya ilmu keagamaan.

“Sistem PPDB jalur ini untuk mendukung anak agar lebih baik dalam menghafal Alquran,” ujar Mawardi melalui sambungan selulernya kepada Radar Bekasi, Selasa (11/6).

Pada jalur khusus penghafal Alquran, Disdik Kota Bekasi menggandeng Kantor Kementerian Agama setempat untuk melakukan verifikasi juga pengujian kepada calon peserta didik baru. Calon peserta didik minimal harus mampu menghafal 10 juz Alquran untuk masuk SMP Negeri.

Kebijakan pemerintah kota Bekasi dalam menyediakan jalur khusus bagi penghafal Alquran mendapatkan apresiasi dari pihak sekolah. Salah satunya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 34 Kota Bekasi Romshi Kurniangsih. Menurutnya, jalur ini memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki kemampuan dibidang non akademik.

“Ini baik ya jika benar di terapkan. Karena selain kemampuan akademis yang dimiliki siswa semua itu juga harus diimbangi dengan kemampuan agamanya,” tukasnya. (oke)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 1 =

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker