Jurnalisme WargaOpini

Antara Orang Tua, Guru dan Sekolah (1)

Oleh: Mar’atus Sholihah

Radarbekasi.id – Sebagai orang tua, harta yang paling berharga di dunia ini adalah putra-putri kita. Sudah seharusnya orang tua bisa menjaga dan mendampingi tumbuh kembang harta termahal tersebut dengan sebaik-baiknya, dan dapat dijauhkan dari hal-hal yang sangat membahayakan baik secata fisik ataupun mentalnya.

Tetapi kenyataannya, orang tua zaman now tidak sedikit tantangannya dibandingkan dengan orang tua zaman dulu dalam membesarkan dan mendidik putra-putrinya. Orang tua zaman sekarang sudah semakin sejahtera, mempunyai pendidikan yang tinggi, dan mempunyai berbagai kemudahan fasilitas teknologi yang didapat, sehingga secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap akhlak dan moral putra-putri kita.

Menghadapi situasi global yang semakin pesat ini, tidak sedikit orang tua yang sangat mengkhawatirkan kondisi putra-putrinya, baik di masa sekarang atau pun masa yang akan datang. Sedangkan kebanyakan orang tua sibuk bekerja dan hanya sedikit waktu yang dimiliki untuk mendampingi mereka. Mau tidak mau, orang tua harus mencari bantuan pada lembaga formal yang bisa mendidik, sekaligus menjadi pendamping putra-putrinya. Supaya dapat menyelesaikan permasalahan ini, orang tua dapat mencari sekolah fullday yang bermuatan agama, pembiasaan karakter dan lengkap dengan pelajaran teknologinya.

Baca ; Antara Orang Tua, Guru dan Sekolah (habis)

Tidak hanya itu, orang tua juga harus selektif dalam memilih pendidik yang sesuai bagi putra-putrinya. Dengan kata lain, perhatian yang penuh dari guru-gurunya juga merupakan pilihan utama dari orang tua saat ini. Berbagai respon akan hal ini ada di benak orang tua. Diantaranya “anak saya lelet, di sekolah juga seharian, kalau gurunya cuek dan ga perhatian mau jadi apa anak saya nanti?” Atau pesan lewat WA, “Bu Guru, tolong bilangin anak saya, kalau di rumah disuruh shalat susah, tapi kalau Bu Guru yang bilangin selalu didengerin.” Atau komentar yang lebih dahsyat lagi secara langsung mereka ungkapkan, “Bu Guru, saya sengaja sekolahin anak saya di sini biar lebih diperhatiin, karena di sekolah yang sebelumnya anak saya ga diperhatiin.” Itulah beberapa komentar orang tua saat ini. Secara tidak langsung, mereka mengharapkan perhatian yang lebih terhadap putra-putrinya.

Dengan menyekolahkan putra-putrinya di sekolah fullday, orang tua merasa nyaman dan tidak khawatir lagi, karena putra-putrinya berada dalam pengawasan orang-orang yang ahli dalam bidang keilmuannya. Dan orang tua bisa fokus dalam pekerjaannya, sehingga dapat mengantarkan putra-putrinya kejenjang masa depan gemilang sesuai harapan orang tua.

Lembaga pendidikan formal fullday dan pendidik yang memberikan perhatian lebih terhadap anak didiknya, akan menjadi incaran dan antrian panjang orang tua pada saat ini. Orang tua beranggapan bahwa putra-putrinya akan tumbuh dan berkembang dengan maksimal sesuai dengan perkembangan zaman dan memiliki masa depan yang gemilang sesuai harapan mereka. Walaupun membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah tersebut, orang tua akan bekerja sangat keras, bahkan sampai tidak mempunyai waktu bagi putra-putrinya di rumah. (*)

Guru SD Al Muslim Tambun

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker