BekasiMetropolisPelayananPublik

DBMSDA Antisipasi Banjir

Rutin Laksanakan Pematusan

R

DBMSDA Antisipasi Banjir
DAERAH RAWAN BANJIR: Sejumlah tim pematus melakukan giat pematusan di saluran utama Perumahan Narogong Kecamatan Rawalumbu. Lokasi tersebut kerap dilanda banjir jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. IST/RADAR BEKASI

adarBekasi.id – Guna mencegah terjadinya tumpukkan sampah dan tersumbatnya drainase yang menjadi salah satu penyebab banjir, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi rutin melaksanakan pematusan saluran air atau drainase.

Agenda tersebut selain berdasarkan pengaduan warga juga pemantauan secara langsung ke setiap saluran air terutama daerah rawan banjir di Kota Bekasi.

Kepala UPTD Pemeliharaan Bangunan Air dan Pematusan di BMSDA Kota Bekasi, Tito Hazairin mengatakan, pematusan dilakukan tiga hingga empat titik saluran setiap pelaksanaannya.

“Untuk hari ini (kemarin) kita melakukan pematusan di tiga titik salah satunya di saluran air Stasiun Bekasi, lingkungan RW 11 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Bekasi Selatan dan di lingkungan saluran air Kecamatan Rawalumbu. Kita bersihkan saluran airnya,” kata Tito, Selasa (18/6).

Kepala UPTD Pemeliharaan Bangunan Air dan Pematusan di BMSDA Kota Bekasi
PANTAU: Kepala UPTD Pemeliharaan Bangunan Air dan Pematusan di BMSDA Kota Bekasi, Tito Hazairin memantau giat pematusan di saluran Jalan Stasiun Kota Bekasi. IST/RADAR BEKASI

Pada proses pematusan, pihaknya menerjunkan tiga tim. Setiap tim terdiri dari 11 orang. Total ada 33 anggota yang bertugas melakukan pematusan berdasarkan laporan warga maupun pemantauan para UPTD kebersihan di setiap kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

“Kita melakukan pematusan itu diseluruh saluran air yang ada di Kota Bekasi akan tetapi untuk di Kali Bekasi itu langsung dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan pemerintah pusat, kita hanya saluran biasa dan drainase saja,” ujarnya.

Selain itu, tim tidak hanya mengangkat sampah ke atas saja, melainkan masuk ke gorong-gorong supaya aliran benar-benar lancar dan tidak terkendala atau tersendat jika turun hujan.

Tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai edukasi untuk bersama menjaga lingkungan. Mengingat, peran serta masyarakat dinilai penting, terutama menjaga lingkungan tetap bersih.

“Pokonya saya dan tim selain membersihkan, sosialisasi juga kita lakukan ke setiap warga. Itu kita lakukan supaya warga sadar terhadap kebersihan lingkungan,” pungkasnya.(pay/adv)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker