Pendidikan

Tim Verifikasi Domisili Pantau Kecurangan PPDB

PPDB
RAPAT EVALUASI: Kadisdik Jabar, Dewi Sartika, saat Rapat Evaluasi PPDB di ruang Operation Room Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Rabu (19/6).Ist

Radarbekasi.id – Guna memantau dan menghindari kecurangan pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019, Ketua Panitia PPDB 2019, Iwa Karniwa bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) membentuk Tim Verifikasi Domisili, dengan melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jabar dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jabar.

Kadisdik Jabar, Dewi Sartika menyatakan, tim ini dibentuk untuk memantau dan mencegah terjadinya berbagai kecurangan di PPDB 2019. “Hal ini berkaitan dengan banyaknya modus yang mengatasnamakan domisili atau tempat tinggal agar bisa diterima di sekolah favorit atau yang diinginkan oleh anak,” ujar Kadisdik, saat Rapat Evaluasi PPDB di ruang Operation Room Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, seperti dikutip dalam laman resmi Disdik Pemrov Jabar, kemarin.

Ia menyatakan, apabila terjadi kecurangan yang dilakukan sebagian masyarakat maka akan dikenakan sanksi dan diserahkan kepada pihak kepolisian. Namun, Tim Verifikasi Domisili tentu terlebih dahulu akan melakukan pengecekan data berkaitan dengan kartu keluarga (KK), tempat tinggal, dan menanyakan kepada RT/RW/kelurahan setempat.

“Ini berkaitan dengan permasalahan penitipan nama anak di KK yang lain. Masalah ini harus dibuktikan dengan pernyataan tanggung jawab yang diserahkan orang tua kepada saudara atau orang lain. Apabila tidak ada maka tidak sah,” tuturnya.

Untuk penertiban dan penegakan peraturan daerah, lanjutnya, akan dibantu Satpol PP saat berada di lapangan. Tetapi, apabila terdapat pemalsuan data maka akan dialihkan ke polisi, dengan pemeriksaan terlebih dahulu tentunya. (oke)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker