Berita UtamaBolaOlahraga

Timnas Futsal Terbaik

Pemain dan Pelatih Asal Bekasi Ikut Andil

Futsal
ASAL BEKASI: Sayan Karmadi, Asisten Pelatih Timnas Futsal Indonesia U-20 (tengah), Dewa Rizky (kiri), Ahmad Habibi (kanan) ketiganya ikut andil membawa Timnas Futsal Indonesia ukir sejarah. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Meski harus menelan kekalahan dari Afghanistan dengan skor 3-4 pada partai semifinal Kamis (20/6), punggawa Timnas Indonesia berhasil mencatatkan sejarah di Piala Asia Futsal U-20, 2019.

Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Timnas Futsal Indonesia melaju hingga ke semifinal.
Pemerhati futsal Indonesia asal Bekasi, Ferdiansyah menilai skuat timnas futsal U-20 sudah membuktikan kualitasnya di level Asia.

”Timnas futsal U-20 ini sudah membuktikan bahwa futsal Indonesia sudah ada di level atas Asia,” ujar Ferdiansyah ketika dikonfirmasi Radar Bekasi Kamis (20/6).

Pada pertandingan ketat partai semifinal menghadapi Afghanistan, kata dia, tim memang harus memanfaatkan peluang dan kesalahan lawan.

”Namun kita bukan tanpa peluang. Anak anak timnas U-20 berjuang tanpa lelah untuk membangun peluang-peluang gol. Nah yang paling penting pemain muda ini terus belajar dari setiap kesalahan,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Ketua II Asosiasi Akademi Futsal Indonesia (AAFI) pusat ini.
Namun Didi sapaan akrabnya menyayangkan belum adanya Piala Dunia U-20 futsal. Sejatinya Indonesia bisa tampil di Piala Dunia setelah berada di empat besar Asia.

”Mereka sudah menunjukkan bisa ada di empat besar Asia. Itu jatah Piala Dunia wakil Asia, cuma sayang Piala Dunia U-20 futsal belum ada,” papar Didi yang juga pendiri akademi AAFI ini.
Dia berharap capaian prestasi timnas U-20 menjadi awal kebangkitan futsal tanah air. Minimal Indonesia bisa terus bertengger di empat besar Asia.

”Semoga ini bukan hanya sejarah. Tetapi awal untuk membuat sejarah lebih besar lagi, minimal bisa terus berada di empat besar Asia. Karena kita memang bisa,” tambahnya.

Salah satu Komite Eksekutif Asosiasi Futsal Kota (AFK) Bekasi ini menegaskan, perjuangan skuat Timnas Futsal Indonesia U-20 mampu menginspirasi.

Didi mendorong pengurus futsal setiap wilayah di Indonesia semangat membina calon atlet futsal sejak dini.

Dia mencontohkan, dua punggawa timnas U-20 asal Kota Bekasi, Ahmad Habibi dan Dewa Rizky besar dari pembinaan berjenjang mulai dari ekstrakurikuler futsal di sekolah.

Keduanya mengikuti akademi futsal dan liga usia berjenjang seperti Liga AAFI Bekasi, serta pemusatan latihan cabang (Pelatcab) Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 AFK Bekasi.
”Jadi hayo kita bangkit lebih jauh untuk membuat sejarah-sejarah baru menuju futsal Indonesia di Piala Dunia,” tandasnya. (one)

Related Articles

Back to top button