BekasiMetropolis

Warga Pasang Spanduk Larangan Buang Sampah

Sampah
SPANDUK LARANGAN: Spanduk yang dipasang warga untuk mencegah sampah liar di Bekasi Kaum, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (24/6). CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Warga Bekasi Kaum, Kelurahan Bekasi Jaya kesal dengan aksi buang sampah di sembarang tempat. Mereka pun membuat spanduk larangan agar warga tidak kembali melakukan aksi tersebut.

Warga sekitar Aang (40) mengatakan, spanduk tersebut dipasang untuk membuat efek jera bagi pengendara dari luar lingkungan setempat yang kerap membuang sampah sembarangan di sisi jalan.

“Spanduk itu baru dipasang oleh warga kerjasama dengan karang taruna, spanduk sebagai bentuk protes warga karena warga dari luar yang menggunakan sepeda motor masih seenaknya lempar membuang sampah disini,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (24/6).

Dikatakan dia, dengan terpasangnya spanduk tersebut warga yang membuang sampah sembarangan bisa menyadari bahwa area itu bukan tempat pembuangan sampah sementara.

“Apalagi ini kan jalan keluar masuk, jadi mana rela warga di sini dikotori dengan sampah-sampah dari warga lain. Sebelumnya upaya sudah dilakukan dengan tulisan biasa, namun sekarang warga buat dengan kata-kata seperti itu, agar tidak ada lagi yang buang sampah,” ucapnya.

Menurut dia, pemasangan spanduk tersebut menjadi penting dilakukan demi menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke pemukiman ataupun.

“Alhamdulilah, biasa sampah terlihat malam dan pagi, sekarang sudah tidak ada lagi sampah-sampah plastik yang menumpuk di jalan itu, dan warga berniat akan menambah spanduk larangan itu disejumlah titik tempat sampah liar di wilayah ini,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Bekasi Jaya, Prafitria Angelia mendukung program warga di wilayah tersebut guna menyadari warga lainnya untuk tidak membuat sampah ke sisi jalan.

“Mereka juga koordinasi ke kita terkait pemasangan spanduk itu, ya intinya pemerintah kelurahan mendukung warga untuk menjaga jalan serta lingkungan di wilayah Bekasi Jaya dari sampah liar, sejauh ini dari monitoring kita, sampah liar sudah berkurang,” tandasnya. (Cr43)

Related Articles

Back to top button