Pendidikan

Penerapan SPP Gratis Bertahap

SPP
BERDISKUSI: Sejumlah siswa salah satu sekolah terlihat berdiskusi didepan ruang kelas. Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menggratiskan biaya SPP bagi SMA/SMK negeri, kemungkinan diterapkan bertahap.Ist

Radarbekasi.id – Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menggratiskan biaya sumbangan dan pendidikan (SPP) bagi SMA/SMK negeri, kemungkinan diterapkan bertahap.
Seperti halnya disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah III, Hery Pansila. Ia menyampaikan penggratisan biaya SPP realistis. Namun tak langsung diterapkan bagi seluruh siswa, melainkan secara bertahap.

“Rencana itu pasti akan dilakukan secara bertahap, tidak mungkin langsung semua digratiskan,” ujar Heri kepada Radar Bekasi, Selasa (25/6).

Misalnya, kata Hery, penggratisan SPP terlebih dahulu diberlakukan bagi siswa dari kalangan tidak mampu. Menurutnya, kebijakan tersebut akan memberikan dampak positif karena memberikan kepastian dan menjamin biaya operasional sekolah. Dengan demikian, tak ada lagi kasus penahanan ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) yang mengakibatkan siswa tidak bisa langsung bekerja setelah lulus.

“Permasalahannya saat ini banyak ijazah atau SKL yang ditahan karena belum melunasi SPP, sehingga anak yang ingin bekerja tidak bisa melamar ke instansi apapun dan hasilnya jadi pengangguran. Jika rencana tersebut benar di realisasikan itu sangat membantu mungkin,” tuturnya.
Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Bekasi, Ekowati, mengatakan, biaya operasional sekolah tingkat SMA/SMK cukup tinggi.

“Sekolah SMA dan SMK itu butuh dana (operasional) yang banyak (besar),” ujar kepala SMAN 2 Kota Bekasi tersebut.

Menurutnya, kemajuan dunia pendidikan tak lepas dari anggaran. Oleh karena itu, bila rencana penggratisan SPP direalisasikan, maka pemerintah harus siap meningkatkan anggaran bantuan operasional sekolah (BOS).

“Jika pendidikan ingin maju, dana operasinal seperti BOS bisa ditingkatkan,” tukasnya.

Salah satu orang tua peserta didik baru, Mulyadi Ahmad, mengungkapkan penggratisan biaya SPP bisa meringankan beban para orang tua murid. Meskipun rencana tersebut tak direalisasikan, ia juga berharap agar besaran biaya SPP bisa diringankan.

”Wah kalo itu bener tent nya senang karena bisa meringankan kami sebagai orang tua,” ujarnya. (cr46)

Tags
Close