Cikarang

Warga Desak Pembangunan Turap

Turap
BERWARNA HITAM: Kali item yang berada di Desa Pantai Makmur, Kecamatan Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi, Selasa (9/7). Warga setempat meminta Pemkab Bekasi melakukan penurapan di wilayah tersebut. CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Sejumlah warga yang berada di bantaran Kali Item, Desa Pantai Makmur, meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan penurapan. Pasalnya apabila hujan deras melanda air kerap meluap ke pemukiman warga di wilayah tersebut.

Salah satu perwakilan warga, Riyadi (48) menilai, penurapan dapat mencegah terjadinya banjir yang kerap melanda saat hujan turun.

”Kalau ada turap kan tidak sampai meluap ke pemukiman warga sebab air tertahan. Selama ini yang kita rasakan ya seperti itu, hujan turun air ke pemukiman, warga di sini sangat berharap ada perubahan di pemukiman ini, sejak adanya kali ini belum tersentuh penurapan,” katanya kepada Radar Bekasi, Selasa (9/7).

Dia menyatakan, wilayah tersebut akan terus dilanda banjir saat musim penghujan datang jika pembuatan turap tidak dilakukan. ”Penataan dan pemeliharaan kali ini harus dilakukan guna mencegah terjadinya banjir, kalau begini-begini saja kasian warga seperti tidak diperhatikan wilayahnya,” ucapnya.

Pasalnya, kegiatan gotong-royong yang dilakukan warga setempat seperti membersihkan sampah-sampah di kali tersebut tidak membuahkan hasilnya banjir masih tetap saja terjadi.

”Sampah-sampah sudah kita bersihkan tapi hasilnya sama saja air tetap limpas-limpas juga, jadi perlu penanganan dari pemerintah daerah, lumpurnya pun perlu dikeruk. Kalau kita yang keruk mau pakai apa dana dari mana ?. Warga cuma hanya bisa melakukan pembersihan terhadap sampah saja,” terangnya.

Sejauh ini, warga setempat sudah membuat tanggul secara swadaya menggunakan bambu untuk memperkokoh agar tidak terjadi longsor pada sisi kali tersebut. “Itu saja tanggul bambu warga yang buat secara swadaya agar sisi jalan ini kuat tidak longsor, ya intinya ada harapan warga disini agar pemerintah dapat melakukan penurapan,” tuturnya. (cr43)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + nine =

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker