BekasiMetropolis

Eceng Gondok Kali Item Segera Dibersihkan

Eceng
TUTUP PERMUKAAN KALI: Tanaman eceng gondok menutupi permukaan Kali Item di Desa Pantai Makmur, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/7). CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Tanaman eceng gondok yang menutupi permukaan Kali Item di Desa Pantai Makmur dikhawatirkan akan menjadi pemicu banjir saat memasuki musim penghujan. Karena, dinilai mempercepat laju pendangkalan kali tersebut.

Salah satu warga RT001 RW04, Irsyad (40) mengatakan, tanaman eceng gondok tersebut tumbuh sejak dua bulan yang lalu dan telah menutup kali kurang lebih 500 meter.

”Januari sempat dikeruk pakai beko, tapi banyak lagi di sini. Memang eceng gondok ini cepat tumbuh di kali ini,” katanya kepada Radar Bekasi, Rabu (10/7).

Warga khawatir tanaman itu menyebabkan penyumbatan saluran dan pendangkalan sehingga memperparah banjir di wilayah setempat.

”Warga sih berharap secepatnya diangkat mumpung kondisi lagi kemarau begini, jangan dibiarkan sampai tinggi hingga meluas, dampaknya tidak hanya kita. tetapi desa sebelah juga terdampak,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Pantai Makmur, Mursan mengatakan, tanaman gulma itu akan dibersihkan menggunakan alat berat dalam waktu dekat.

”Agustus akan kita bersihkan eceng gondok itu termasuk sampah yang ada sebagai antisipasi nanti memasuki musim penghujan,” tandasnya. (cr43)

Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 5 =

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker