Berita UtamaOlahraga

Jabar Andalkan Atlet Putri

Dulang Medali Terbanyak PON

PON
FOTO BERSAMA: Atlet putri yang dirpoyeksikan meraih medali emas di PON Papua 2020 dipanggil KONI Jawa Barat.DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Sejumlah atlet putri di beberapa cabang olahraga masih menjadi andalan Jawa Barat jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2020.

Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Jabar, Verdia Yosef menuturkan, nomor pertandingan di kelompok putri diprediksi akan menjadi penyumbang medali emas terbesar bagi Jabar pada PON 2020 di Papua.

Pasalnya, dari total 217 medali emas yang diraih kontingen Jabar ketika PON XIX 2016 lalu, sekitar 131 medali emas disumbangkan dari nomor pertandingan kelompok putri.

“Untuk PON XX tahun 2020 mendatang, potensi untuk meraih sekitar 120 sampai 130 medali emas dari nomor pertandingan di putri ini masih terbuka lebar. Dibanding nomor-nomor pertandingan di kelompok putra,” ujar Yosef usai acara pertemuan dengan atlet putri Pelatda PON XX/2020 prioritas peraih medali emas di Aula KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung.

Namun lanjut Yosef peluang atlet putri Jawa Barat tampil di PON kini terhambat adanya pembatasan usia di beberapa cabang olahraga. Selain itu, pertandingan untuk kategori putri di sejumlah cabor juga sedikit terpangkas.

Dari sekitar 60 hingga 80 nomor yang tidak dipertandingkan di PON 2020, ada 20 persen nomor kategori putri.

“Namun dari potensi yang dimiliki di nomor pertandingan kelompok putri, justru kita mengkhawatirkan kondisi psikologis dari atlet putri jika bertanding di luar Pulau Jawa,” katanya.

Kondisi cuaca serta venue pertandingan yang berbeda kata dia dikhawatirkan bisa mempengaruhi performa atlet. “Itu saja kehawatiran kita, psikologi,” katanya.

Guna meningkatkan mental atlet putri, pihaknya juga berencana mempertemukan sejumlah atlet dengan Istri Gubernur Jawa Barat Attalia Praratya Kamil.

“Pada beberapa kesempatan, Ibu Attalia selalu menyebut jika dirinya adalan ibu bagi semua perempuan di Jabar. Nah, atas dorongan atlet serta perhitungan kita tadi, kita ingin atlet putri Pelatda PON XX Jabar ini mendapatkan dorongan motivasi dan semangat dari ibu Gubernur Jabar,” paparnya.

Sementara untuk potensi di nomor pertandingan kelompok putra, Yosef mengaku jika Jabar pun punya peluang cukup besar. Hanya saja, dari sisi psikologis, para atlet putra dinilai lebih kuat dan lebih tahan banting dibandingkan atlet putri.

“Untuk (atlet) bertemu dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, kita memang sudah rencanakan tapi masih menunggu jadwal kosong dari Pak Gubernur. Semoga saja, Pak Gubernur bisa meluangkan waktu untuk sekadar memberikan motivasi bagi para atlet kita sebelum berjuang di babak kualifikasi PON XX yang mulai digelar tahun 2019 ini serta PON XX tahun 2020 mendatang di Papua,” tegasnya. (dan)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 15 =

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker