Olahraga

Empat Cabor NPCI Jabar Helat Kejurda

Jadi Ajang Seleksi Atlet Peparnas Papua 2020

NPCI
FOTO BERSAMA: Sejumlah atlet NPCI Kabupaten Bekasi foto bersama sebelum mengikuti agenda Kejurda sekaligus seleksi atlet Peparnas. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Sebanyak empat cabang olahraga menjalani seleksi atlet Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) lewat kejuaraan daerah (Kejurda) Jawa Barat. Kejuaraan tersebut rampung Selasa (16/7) kemarin.

Sekretaris Umum National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Bekasi, Norman mengatakan, seleksi yang dilaksanakan 15 dan 16 Juli 2019 sudah menghasilkan beberapa juara.

”Kita ikut di semua cabang pada kejuaraan daerah (Kejurda) yang mempertandingkan empat cabang olahraga yaitu atletik, catur, tenis meja dan renang. Hasil sementara, untuk renang berhasil meraih juara umum dengan meraih 18 medai emas dan lima perak,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (16/7).

Seleksi dilaksanakan di empat lokasi berbeda. Untuk cabang olahraga atletik dan catur di sekitar Gor Pajajaran, dan SLB Cicendik untuk tenis meja. Dua cabang lainnya yakni renang di kolam renang UPI.

”Tiga cabang lainnya, masih berjalan. Hari ini (kemarin) terakhir, dan posisi kita masih unggul di semua cabang,” lanjutnya.

Lebih lanjut, kejurda sebagai seleksi atlet NPCI Jawa Barat di Peparnas Papua 2020 masih akan berlanjut. Juli ini, kata Norman, baru pada empat cabang.

”Sisanya akan dijalankan bulan Agustus sampai September 2019. Total cabor yang akan dipertandingkan untuk Peparnas mencapai 14 cabang olahraga,” katanya.
Dari empat cabor, pada Kejurda 2019 ini, sebanyak 42 atlet diterjunkan.
Target sendiri, kata dia, yakni memperoleh banyak tiket untuk bisa maju pada Peparnas.

”Dari semua, kita belum petakan berapa yang sudah lolos. Tapi, kita bisa targetkan lebih banyak. Terlebih bisa melihat raihan medai dari tiap cabang. Terbaru, dari atletik sudah mengantongi 11 medali emas,” beberanya,

Dalam Kejurda 2019 itu, Ketua NPCI Jawa Barat, Supriatna sudah menegaskan, bahwa para peserta bukan atlet Pemusatan Latihan Nansional (Pelatnas). Karena itu, kata Norman, peluang untuk meraih posisi teratas akan cukup besar.

”Ketua NPCI, pak Supriatna memang menetapkan aturan itu. Maka, kesempatan bagi atlet untuk dapat lolos menjadi atlet Jawa Barat menuju Peparnas 2020,” imbuhnya.

Diketahui, tahapan Kejurda merupakan proses bagi NPCI Jawa Barat mencari atlet untuk persiapan ke Peparnas. Karena itu, atlet yang berprestasi di Kejurda ini otomatis akan masuk kontingen Jabar dan akan dibina sesuai kebutuhan kontingen nanti. (dan)

Tags
Close