BekasiBerita UtamaMetropolis

Kantor Kecamatan Rawalumbu Dipindah Mulai 1 Agustus

BERI SAMBUTAN
BERI SAMBUTAN: Camat Rawalumbu Dian Herdiana (kiri), Lurah Bojong Rawalumbu Budian (tengah), Kasubag Tapem Setda Pemkot Bekasi, Topik Aji Mulya (kanan) saat memberikan sambutan pada sosialisasi perpindahan Kantor Kecamatan Rawalumbu kepada ketua RT dan RW serta warga sekitar di Aula Kelurahan Bojong Rawalumbu. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kantor Kecamatan Rawalumbu akan dipindah ke Kantor Kelurahan Bojong Rawalumbu di Jalan Raya Siliwangi (berhadapan dengan Polsek Bekasi Timur) mulai 1 Agustus 2019 mendatang. Perpindahan tersebut merupakan salah satu program 100 hari kerja Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto yang sempat terhambat dengan adanya Pemilu serentak 2019 beberapa waktu lalu.

Jika Kantor Kecamatan Rawalumbu sudah pindah ke Kelurahan Bojong Rawalumbu maka pihak Kelurahan Bojong Rawalumbu akan berkantor di gedung kecamatan yang berada di Jalan Lumbu, Jembatan VI.

Kasubag Bina Administrasi dan Perangkat Kewilayahan Pada Bagian Tata Pemerintah Setda Kota Bekasi, Topik Aji Mulya mengatakan, perpindahan ini baru dapat dimulai karena sudah ada Keputusan Walikota (Kepwal) dan intruksi agar dilakukan dalam waktu kurang lebih 20 hari.

”Jadi per 1 Agustus besok kita sudah bisa menyelesaikannya untuk perpindahan,” kata Topik di sela-sela sambutan sosialisasi perpindahan kepada ketua RT dan RW yang ada di Kecamatan Rawalumbu.

Dia mengimbau agar pengurus RT dan RW dapat meneruskan informasi perpindahan kantor itu kepada warga sekitar.

IKUTI KEGIATAN
IKUTI KEGIATAN: Sejumlah anggota Babinsa, Bimaspol, LPM, DKM, ketua RT dan RW, PKK serta warga sekitar mendengarkan sosialisasi terkait perpindahan kantor kecamatan. IST/RADAR BEKASI

Nantinya, warga yang hendak mengurus administrasi domisili langsung datang saja ke Kantor Kecamatan Rawalumbu yang Baru yakni berada di Jalan Siliwangi bukan lagi di Jalan Lumbu, Jembatan VI.

”Jadi pertukaran ini kegiatan penukaran Gedung ini menurut bahasa hukumnya adalah ruislag dan dalam bahasa Kepwal yang artinya pertukaran peruntukan bangunan dan kantor antara Kecamatan Rawalumbu dan Kelurahan Bojong Rawalumbu,” ucapnya.
Pemindahan kantor itu dilakukan setelah melalui proses kajian, analisis dan rapat-rapat antara pihak terkait.

Topik menjelaskan, Kecamatan Rawalumbu kurang layak berada di lokasi saat ini karena tugas pokok dari kecamatan itu sangat strategis dan sangat berat untuk membantu walikota Bekasi melaksanakan pembangunan lima tahun kedepan.

”Kita melihat pemindahan kantor secara analisis, teknik dan non teknis dan ternyata memang Kelurahan Bojong Rawalumbu ini memenuhi syarat untuk menjadi Kantor Kecamatan Rawalumbu, sangat strategis dan luas, yang tanahnya mencapai 4,800 meter persegi,” jelasnya.

”Secara administrasi tidak ada masalah untuk perpindahan maupun non teknis secara administrasi pun Kantor Kelurahan rawalumbu sudah bersertifikat atas nama Pemerintah Kota Bekasi jadi tidak ada masalah terkait administrasi sudah tercatat di buku Kartu Induk Barang (KIB),” tambahnya.

SOSIALISASI
SOSIALISASI: Camat, Lurah dan Bagian Tapem Setda Pemkab Bekasi berikan sosialisasi terkiat dengan perpindahan Kantor Kecamatan Rawalumbu ke Kantor Kelurahan Bojong Rawalumbu. IST/RADAR BEKASI

Dengan perpindahan gedung Kecamatan Rawalumbu ke Kantor Kelurahan Rawalumbu diharapkan bisa mempermudah kordinasi pemerintahan dan untuk meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat sekitar.

Camat Rawalumbu, Dian Herdiana menyampaikan, perpindahan memang merupakan program 100 kerja kepala daerah. Karena, lokasi yang baru dinilai lebih representatif.
”Melihat hal itu di Bulan Juli ini walikota mengeluarkan keputusannya, dengan adanya keputusan walikota ini saya sebagai camat dan lurah mau tidak mau harus melaksanakan karena itu adalah perintah pimpinan agar pekerjaan di kecamatan lebih terlihat dan strategis tempatnya,” katanya.

Dirinya menjelaskan, perpindahan kantor diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekitar. ”Ya kalau kecamatannya bagus kan otomatis masyarakat juga akan menilai dalam segi pelayanan dan tempatnya, dan Insha Allah Gedung Teknis 2020 sudah bisa berjalan, dan saya harap kedepannya akan lebih maju lagi Kecamatan Rawalumbu,” ujarnya. (pay/adv)

Tags
Close