BekasiBerita UtamaMetropolis

Turap Kali Penghubung Rusak

Turap
RUSAK: Tanggul kali penghubung di Jalan Kampung Kepu, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, mengalami kerusakan, Selasa (16/7). CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Sejumlah dinding turap kali penghubung di Jalan Kampung Kepu, Kelurahan Kaliabang Tengah mengalami kerusakan. Kondisi tersebut dikhawatirkan menjadi penyebab banjir saat musim penghujan di wilayah setempat.

Pantaun Radar Bekasi, terdapat sejumlah titik di turap yang terbuat dari pondasi batu kali tersebut mengalami kerusakan. Batu-batu turap bahkan ada yang sudah hilang dan pecah.

Warga setempat, Herman (49) mengatakan, rusaknya dinding turap diakibatkan kondisinya yang sudah dimakan usia dan hingga kini belum dapat diperbaiki oleh pemerintah daerah setempat.

”Sudah lama keberadaan kali penghubung tersebut, bahkan sampai turap rusak sampai sekarang belum ada perawatan atau perbaikan kembali oleh pemerintah,” katanya, Selasa (16/7).

Dirinya khawatir turap kerusakan akan semakin meluas. Karena, kondisi itu berdampak pada banjir di wilayah setempat.

“Ya kalau musim hujan belum diperbaiki sangat dikhawatirkan yang ada kerusakannya semakin meluas karena terus diguyur hujan mengingat tanggul di sepanjang kali penghubung ini sudah cukup lama atau tua, yang di sana juga kan banyak yang bolong tanggulnya,” ucapnya.

Menurut dia, perbaikan turap di kali penghubung tersebut mendesak karena kerusakannya juga sudah lama dibiarkan tanpa ada perhatian dari pemerintah.

”Ya memang harus diperbaiki agar tidak ada dampak yang merugikan warga terutama akan hal banjir, harapan warga tentunya secepatnya turap yang rusak dapat ditutup agar saat debit air meningkat tidak luber ke jalan,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Kaliabang Tengah, Sri Setyaningrum mengatakan, akan segera menindaklanjuti keluhan warga akan kerusakan turap di kali penghubung tersebut.

”Dari kelurahan akan melakukan pengecekan kesana dan mendata jumlah turap yang mengalami kerusakan yang nantinya diserahkan ke Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA),” tandasnya. (cr43)

Close