Olahraga

Bekasi Dipilih sebagai Lokasi Pelatda PON

Cabor Angkat Besi

PABBSI
LATIHAN: Sejumlah atlet Kota Bekasi tengah menjalankan latihan di gedung PABBSI Kota Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Venue latihan Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Kota Bekasi dipilih sebagai lokasi pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat.

Lokasi latihan PABBSI yang terletak di komplek KONI Kota Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan ini dinilai cukup representatif.

”Sebenarnya ada dua yang saat ini diwacanakan menjadi lokasi Pelatda bagi cabang angkat besi. Pertama di kita (Kota Bekasi) dan keduanya di Bandung, Jalan Pajajaran,” ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) angkat besi Jawa Barat, Sodikin, kepada Radar Bekasi, Rabu (17/7).

Lanjut mantan lifter dunia yang kini dipercaya sebagai Pelatih Kepala Pelatda PON angkat besi menilai, Kota Bekasi cukup memadai sebagai lokasi Pelatda.

Selain karena pertimbangan atlet, pelatih sebagian juga berasal dari Kota Bekasi.
”Selebihnya, jalur jalannya mudah di akses dan dalam proses pembinaan akan lebih maksimal. Karena pelatih disini (Kota Bekasi) maka akan lebih mudah memantau perkembangan atlet,” katanya.

Bicara tahapan PON, lanjut Sodikin, proses babak kualifikasi (BK) PON akan dilaksanakan pada Agustus 2019 di Bandung.

Atlet angkat besi Jawa Barat yang akan di ambil berdasarkan kuota yang dibutuhkan yakni di angka tujuh atlet putra dan tujuh putri. ”Hanya 14 atlet yang akan di ambil buat Pelatda,” katanya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai target pada PON Papua 2020 nanti, dirinya belum bisa membeberkan. Menurutnya, pemetaan target medali akan terlihat pada proses babak kualifikasi.

”Kita belum bisa melihat kesana. Itu nanti akan terlihat saat BK. Karena, disana semua atlet andalan dari tiap provinsi tampil,” tandasnya. (dan)

Tags
Close