BolaOlahraga

Cara Askab PSSI Bekasi Persiapkan Tim Porda

Helat Kompetisi U-19 Tingkat Desa, Evaluasi Kegagalan Porda 2018

Bola
ILUSTRASI: Sejumlah pemain Kabupaten Bekasi ketika mengikuti seleksi Persikasi di Stadion Wibawamukti, Cikarang Timur. DOK/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bekasi mulai mengagendakan program pencarian pemain untuk skuat Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV 2022 Jawa Barat. Metode kompetisi U-19 dipilih sebagai ajang pencarian pemain potensial.

Kompetisi U-19 tingkat desa dipilih Askab PSSI Bekasi untuk membidik skuat bayangan Porda 2022 mendatang. Rentang usia tersebut dinilai ideal untuk menggaet pemain asli daerah sebagai persiapan Porda.

“Kita mulai tahun ini. Maksimal di U-19. Saat Porda, usianya sudah U- 22. Jadi sangat memungkinkan,” ujar Sekretaris Askab PSSI Bekasi, Suryadi ketika ditemui Radar Bekasi, di Sekretariat Askab, komplek Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (17/7).

Target awal, kata dia, hasil dari kompetisi, tim bayangan terbentuk. Kedepannya, Askab tinggal melakukan pembenahan dan persiapan training centre (TC).

”Minimal di pertengahan tahun 2020, sudah ada tim bayangan. Selanjutnya di TC kan pada tahun 2021, setelah BK (babak kualifikasi,red),” bebernya.

Menurutnya, persiapan tim tidak bisa instan. Karena tim Porda merupakan tim asli dari binaan Askab PSSI Bekasi.

”Kita mulai melakukan pembenahan dari sekarang. Jangan sampai kejadian Porda lalu terulang. Dimana, satu minggu sebelum porda, tim baru dibentuk,” katanya.
Tahapan Porda 2022 diakuinya lebih berat dari 2018 lalu. Pasalnya Kabupaten Bekasi harus melewati tahapan babak kualifikasi.

”Dulu tidak ikut BK. Sekarang kita ambil bagian di BK. Kalau kalah jelas kita bakalan absen. Jadi kita akan melakukan tahapan dari sekarang,” katanya.

Dilain tempat, Ketua Askab PSSI Bekasi, Hamun Sutisna mengakui fokus utama saat ini pembentukan tim Porda, selain kompetisi berjenjang.

”Kita bertanggung jawab penuh untuk tim porda. Kita akan persiapkan dan itu memang menjadi salah satu beban kita,” katanya.

Pihaknya berharap bisa mengevaluasi hasil minor pada 2018 lalu dan bisa memperbaiki raihan prestasi di Porda 2022.

”Target kita mengulang kemenangan seperti saat kita menjadi tuan rumah pada 2014 lalu,” tukasnya. (dan)

Tags
Close