Cikarang

Jalan Kurma Terdampak Pembangunan Perumahan

berdebu
BERDEBU: Sejumalah anak melintas di Jalan Kurma, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/7). Jalan itu berbatu dan berdebu akibat material pembangunan perumahan di wilayah tersebut, Rabu (17/7). CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Jalan Kurma di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan berbatu dan berdebu. Kondisi tersebut dirasakan warga setempat setiap harinya tanpa ada perhatian dari pemerintah.

Warga setempat, Rifky (34) mengatakan, lingkungan perkampungan setempat kerap diselimuti hujan debu yang menganggu kenyamanan warga sekitar.

“Lingkungan perkampungan ini jauh dari perhatian khususnya dari pemerintah kelurahan dan pemerintah kecamatan, sudah lama warga sekitar merasakan setiap harinya pemukiman setempat selalu diselimuti debu dari jalan tersebut,” keluhnya, Rabu (17/7).

Dikatakan dia, kondisi jalan yang kerap berbatu dan berdebu tersebut disebabkan aktivitas kendaraan yang membawa material untuk pembangunan perumahan yang tak jauh dari lokasi jalan.

“Jadi material untuk pembangunan perumahan itu berdampak pada jalan dan lingkungan perkampungan termasuk lalu lalang kendaraan yang membawa material seperti semen, pasir, dan batu sering tercecer, sayangnya tidak pernah dibersihkan oleh pihak perumahan itu,” ucapnya.

Menurut dia, warga setempat kerap menyirami jalan untuk mengurangi debu yang berterbangan hingga memasuki pemukiman. “Kalau warga hanya meminta tanggung jawab dari pihak pengembang untuk dapat membersihkan material yang jatuh di jalan agar tidak berdampak serius bagi warga sekitar,” harapanya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Bahagia, Mawardi mengatakan, dirinya akan segera meninjau lokasi dan menyambangi pihak pengembang. Dia meminta pengembang perumahan itu untuk bertanggung jawab dengan membersihan material yang berdampak pada pemukiman warga di wilayah tersebut.

“Saya akan cek kesana dan menyambangi pihak pengembang perumahan agar melakukan pembersihan terhadap sisa-sisa material di jalan tersebut agar tidak merugikan masyarakat sekitar, intinya kita respon setiap keluhan warga di wilayah setempat,” tandasnya. (cr43)

Close