Berita UtamaCikarang

Jalan Manunggal Langganan Banjir

Langganan-banjir
TERLALU RENDAH: Pengendara melintas di Jalan Manunggal, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/7). Pemerintah Desa Pusaka Rakyat diminta meninggikan jalan tersebut agar wilayah setempat tidak terus-menerus tergenang saat musim hujan. CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kondisi Jalan Manunggal di Desa Pusaka Rakyat dinilai sudah terlalu rendah. Karena, kerap menjadi langganan bajir dengan ketinggian 30 sampai 50 sentimeter setiap musim penghujan.

Warga sekitar, Khadir (47) mengatakan, warga meminta agar dilakukan peningkatan atau peninggian jalan tersebut. Selain itu, juga dilakukan normalisasi terhadap saluran air di wilayah tersebut.

“Peningkatan atau peninggian jalan untuk wilayah ini perlu dilakukan sebab jika hujan sebentar saja sudah tergenang bahkan air masuk hingga ke pemukiman warga yang tepat berada di sisi jalan. Kalau dilihat air got dengan jalan ini sejajar hampir merata di sepanjang jalan manunggal,” katanya kepada Radar Bekasi, Rabu (17/7).

Dia menceritakan, beberapa waktu lalu Pemerintah Desa Pusaka Rakyat sempat meninggikan jalan ini beberapa bulan yang lalu. Sayangnya, menurut dia, proses peninggian jalan tak merata sehingga warga masih korban banjir saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.
“Hanya dilaksanakan tepat di depan kantor desa saja, kirain warga peninggian itu sampai jalan yang sering tergenang, jadi kalau diguyur hujan jalan depan desa tidak lagi banjir justru memperparah jalan yang belum ditinggikan ini,” ucapnya.

Menurut dia, setiap rapat minggon warga setempat kerap dilibatkan dan selalu menyampaikan keluhan tentang jalan serta kondisi drainase yang membutuhkan normalisasi. “Cuma bertahun-tahun belum dapat terealisasi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Pusaka Rakyat, Abdul Wahid mengatakan, genangan hampir merata di semua jalan hingga rumah penduduk. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berada di dataran rendah.

“Wilayah kami itu berada di dataran rendah, apalagi kali yang ada di sana di atas jalan tersebut. Saya meminta agar warga bersabar kalau untuk peninggian jalan akan dilakukan secara bertahap, masalah banjir di wilayah ini akan diutamakan,” katanya. (cr43)

Close