CikarangLingkunganPelayananPublik

Pendapatan Hilang Tiga Miliar

Larangan Reklame Iklan Rokok

Pendapatan Hilang Tiga Miliar
TIDAK DIPERPANJANG: Pengendara melintasi reklame iklan rokok di Desa Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Selasa (16/7). Mulai tahun ini, izin reklame iklan rokok tidak diperpanjang mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi harus kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp3 miliar karena adanya Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengendalian dan Pembukuan pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Akam Muharam.

Dia menjelaskan, reklame jenis rokok sudah tidak ditarik mulai tahun ini. Karena terbitnnya Perda nomor 1 tahun 2018 ini. Kendati demikian, Akam meyakini PAD Kabupaten Bekasi dari sektor reklame akan tetap sesuai target yakni Rp16,7 miliar.

”Sejak tahun 2018 sudah tidak ada lagi reklame rokok diizinkan setelah adanya perda 1/18 tentang KTR. Dan untuk ganti potensi yang hilang akan kembali menggali potensi pajak reklame demi mendongkrak PAD,” katanya, Rabu (17/7).

Terhitung sampai dengan akhir Bulan Mei 2019, PAD yang sudah diperoleh Pemkab Bekasi dari reklame ialah sebesar Rp6,1 miliar dari target reklame Rp16,7 miliar.

Akam menuturkan, bidangnya akan merencanakan membuat aplikasi sebagai sistem yang akan mengatur tentang pendapatan dari sektor reklame.

Dengan aplikasi tersebut, nantinya petugas pemungut pajak ataupun petugas pendataan akan lebih mudah untuk mengetahui mana yang sudah bayar, dan mana yang sudah habis, serta reklame yang tidak berizin.

”Fenomena sektor reklame memang ada saja oknum pemasang yang membandel, namun hal ini pasti terdeteksi melalui pendataan petugas di lapangan. Tapi dengan adanya aplikasi yang direncanakan nanti dapat mendeteksi lebih awal tanpa harus melakukan pendataan, dan kami tinggal meninjau ke lapangan untuk melakukan cek fisik,” ujarnya.(and)

Close