Cikarang

Masa Jabatan Anggota DPRD Diperpanjang

Masa Jabatan Anggota DPRD Diperpanjang
ILUSTRASI: Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi sedang berada di dalam Ruang Sidang Paripurna beberapa waktu lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Masa jabatan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode tahun 2014-2019 akan melebihi lima tahun atau diperpanjang. Karena harus menunggu keputusan Mahkamah Kontitusi (MK) terkait perselisihan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) terlebih dahulu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudi menuturkan, berdasarkan surat edaran Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri, pelantikan Anggota DPRD lebih dulu menunggu keputusan perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU) di MK.

Dia menuturkan, masa jabatan anggota DPRD periode tahun 2014-2019 masa jabatannya sejatinya akan selesai pada 4 Agustus tahun 2019. Sebab, kala itu, pelantikannya digelar pada tanggal 5 Agustus tahun 2014.

”Kalau secara matematika memang diperpanjang, namun tidak seperti itu cara hitungannya. Sebab hal ini dilihat dari kondisional, dan adanya surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri,” tuturnya.

Ia mengatakan, jika masa jabatan anggota DPRD Kabuapten Bekasi diakhiri pada 4 Agustus 2019 maka nantinya akan melanggar Undang-Undang. ”Memang sebelumnya ada desakan dari bupati Bekasi untuk menetapkan anggota DPRD terpilih, namun berdasarkan surat edaran Kemendagri, kami akan bersurat kepada bupati Bekasi, bahwa penetapan menunggu hasil persidangan PHPU di MK,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih menuturkan tidak akan ada kekosongan anggota DPRD. Pihaknya pun telah menyiapkan anggaran untuk pelantikan tersebut. ”Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Bekasi, kami sifatnya hanya penyelenggara. Dan pelantikan itu menunggu adanya penetapan dari KPUD,” ujarnya.(and)

Close