CikarangPemkab

Pemkab Beri Kemudahan Masyarakat Melapor

Pemkab Beri Kemudahan Masyarakat Melapor
PERSIAPAN: Kepala Sub Bagian Humas pada Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Bekasi, Ramdan Nurul Ikhsan saat berkomunikasi dengan jajarannya belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin melaporkan tentang masalah kemasyarakatan melalui situs dengan alamat lapor.go.id. Situs ini merupakan program yang diinisiasi oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kepala Sub Bagian Humas pada Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Bekasi, Ramdan Nurul Ikhsan menuturkan, pihaknya sedang mensosialisasikan aplikasi ini ke Organisisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bekasi. Dan, sudah dalam proses pembuatan akun untuk masing-masing OPD.

”Jadi sistem kerjanya, pengaduan masyarakat yang masuk akan diterima oleh server nasional dalam hal ini admin yang dikelola KemenPan-RB, lalu admin nasional melakukan verifikasi,” katanya, Minggu (21/7).

Tindaklanjut dari aduan masyarakat melalui lapor.go.id dilakukan setalah adanya verifikasi dari admin nasional. Apabila urusannya berkaitan dengan kewenangan Pemkab Bekasi, maka akan mendisposisikan pengaduan tersebut ke admin daerah (Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Bekasi).

Ramdan menjelaskan, selanjutnya admin daerah melakukan verifikasi pengaduan yang masuk. Dimana laporan tersebut akan langsung didisposisikan ke admin perangkat daerah terkait melalui pejabat penghubung yang telah ditunjuk oleh setiap OPD.

Ia mengharapkan, aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan ataupun aduan terkait pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah.

Di antaranya dalam hal ini, Pemkab Bekasi untuk meningkatkan kemampuan, dan pemahaman terhadap penggunaan aplikasi. ”Bagian humas protokol dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi dan mengundang narasumber dari Kemenpan RB. Untuk menjelaskan kepada pejabat penghubung di tiap PD, sehingga pelaksanaan SP4N- LAPOR khususnya di lingkungan Pemkab Bekasi dapat berjalan efektif,” harapnya.

Menurutnya, dengan adanya SP4N-LAPOR ini pengaduan masyarakat lebih terdata dan mudah untuk dilacak apakah sudah dijawab atau ditindaklanjuti. Selain itu juga warga dapat mengetaui prosesnya. ”Sudah sampai mana. Ketahuan laporannya,” katanya.

Dimana fenomena di masyarakat, kata Ramdan sering kali pemerintah cuek. Menurutnya, ketika ditindaklanjuti atau saat melaporkan tidak sampai kepada yang bertugas.

”Ini akan dapat menjawab. Selama ini kan masyarakat belum punya kanal resmi untuk mengadu. Biasanya lewat media sosial, tetapi kan itu sifatnya non formil, dan susah untuk melacaknya. Dengan aplikasi ini masyarakat yang melaporkan juga harus benar benar terverifikasi data dirinya. Sehingga dipastikan laporan yang disampaikan memang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” jelasnya.(and/adv)

Close