Berita UtamaPendidikan

25 Sekolah Tempuh Akreditasi

ILUSTRASI
ILUSTRASI: Siswa salah satu sekolah di Kota Bekasi mengikuti proses belajar dan mengajar di dalam kelas. Sebanyak 25 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bekasi tengah menempuh akreditasi.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Sebanyak 25 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bekasi tengah menempuh akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 6 sekolah negeri dan 5 sekolah swasta tingkat SD. Sedangkan tingkat SMP, 2 sekolah negeri dan 12 sekolah swasta.

Ketua Koordinator Pengawas Akreditasi (KPA), Sudibyo, akreditasi tingkat SD dan SMP pada bulan ini telah memasuki tahap kedua. Sebelumnya, tahap pertama dilakukan pada Maret 2019.

Proses akreditasi berlangsung sejak Rabu (17/7) hingga Sabtu (20/7). Setiap sekolah yang mengikuti proses akreditasi, kedatangan dua asesor dari kota Sukabumi, Cirebon, Bandung, Tasikmalaya, Sumedang, dan Indramayu.

”Masing-masing asesor diberikan waktu selama dua hari untuk melakukan beberapa pemeriksaan, salah satunya meneliti, melihat dan memotret,” jelasnya.

Akreditasi merupakan kewajiban sekolah yang dilakukan setiap lima tahun sekali. Sekolah harus memenuhi beberapa syarat untuk menempuh akreditasi.

”Syarat akreditasi, memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN), dan mengisi daftar isian akreditasi (DIA). Selain itu, sekolah harus memenuhi delapan standar pendidikan,” tuturnya.

Adapun delapan standar penilaian mutu pendidikan yang harus dipenuhi dalam penilaian tersebut adalah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan.

Sudibyo berharap, proses akreditasi tahun ini bisa menghasilkan nilai yang baik. Dengan demikian, sekolah dapat berkembang, baik untuk guru, siswa, maupun sarana dan prasarana.

”Ini pastinya menjadi harapan bagi semua sekolah yang mengikuti akreditasi, sehingga kami pihak dinas pendidikan mengharapkan hal yang sama pula terhadap sekolah-sekolah yang mengikuti proses akreditasi,” tukasnya. (cr46)

Close