BekasiMetropolis

Menengok Inovasi Panitia Pemilihan Ketua RW 15 Jakamulya

Ciptakan Pemilihan Ketua RW Rasa Pilpres

Pemilu-RW
FOTO BERSAMA: Sejumlah panitia pemilihan ketua RW melakukan foto bersama saat pemilihan RW hendak dimulai. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Warga Indonesia telah mengikuti proses pemilihan dalam Pemilu serentak 2019 lalu. Hal itu nampaknya mejadi pembelajaran bagi panitia pemilihan ketua RW 15, Kelurahan Jakamulya. Simak Laporannya.

Sejumlah warga RW 15, Kelurahan Jakamulya terlihat berjalan berbondong-bondong menuju kantor RW setempat, Minggu (21/7). Mereka nampak semangat dan antusias untuk datang ke lokasi tersebut.

Ternyata, sedang dilaksanakan pemilihan ketua RW 15 di tempat tersebut. Warga sengaja datang untuk memilih ketua RW yang akan memimpin mereka dalam waktu tiga tahun mendatang.

Pemilihan ketua RW di wilayah ini seharusnya sudah berlangsung pada tahun 2018 lalu. Namun diundur karena pada tahun itu juga dilaksanakan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg).

Mundurnya jadwal pelaksaaan pemilihan ketua RW ini dimanfaatkan panitia untuk memaksimlkan persiapan. Mereka menyiapkan konsep dengan matang agar kegiatan berlangsung meriah, aman dan lancar.

”Ya, Kami Berusaha untuk memberikan suguhan pesta demokrasi yang menarik dan meriah namun tetap sesuai aturan agar para warga merasakan atmosfer yang tidak kalah dengan pileg dan pilpres,” kata Ketua Panitia Pemilihan RW 15, Kelurahan Jakamulya, Adiwijaya, Senin (22/7).

Dirinya menceritakan, sebelum sampai pada pemungutan suara, rangkaian tahapan pemilihan ketua RW kali ini benar-benar menyerupai pesta demokrasi pada umumnya.

Dimulai dengan penyusunan Daftar Pemilihan Sementara (DPS) sampai menjadi Dafar Pemilih Tetap (DPT), penjaringan bakal calon, penetapan calon dan pengundian nomor urut, masa sosialisasi calon atau kampanye, penyebaran undangan pemilih, hingga adu visi misi atau sejenis debat kandidat sebelum diberlakukan masa tenang.

”Sesuai dugaan warga sangat antusias menghadiri acara ini untuk mendukung atau menyaksikan tiga kandidat yaitu bapak Yanda, bapak Amir dan bapak Dani menjadi ketua RW 15 yang baru,” ujarnya.

Pemandangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilihan ketua RW itu ditata seperti pilpres. Terdapat saksi calon, kotak suara, surat suara berwarna, dan papan penghitungan suara Model C1 Plano yang dicetak besar sehingga warga dapat melihatnya.

Kontestan maupun pemilih merasa puas dan senang karena pelaksanaan pemilihan ketua RW ini layaknya pesta demokrasi tingkat nasional.

”Saya udah hidup puluhan tahun di sini baru ini ada pemilihan Ketua RW kaya gini, semoga kedepannya lebih baik lagi,” kata salah seorang pemilih dari warga RT 02 RW 15, Sayuti.
Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Jakmulya, Badru Taman mengatakan, adu gagasan dan visi misi memang perlu dilaksanakan agar warga masyarakat dapat mengetahui program dari masing-masing kandidat.

Lurah Jakamulya, Bahrudin mengaku bangga dengan panitia pemilihan. Apalagi proses pemilihan dan penghitungan suara berjalan dengan tertib dan lancar.
Hal tersebut dapat terwujud berkat pelaksanaan pemilihan dilaksanakan sesuai asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

”Saya merasa bangga dengan panitia pemilihan telah memberikan pendidikan politik yang baik untuk lingkungan. Semoga dapat diikuti oleh panitia pemilihan di lingkungan lain,” katanya. (pay)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker