Pendidikan

Saka Bahari Bersih-Bersih Tugu Patriot

Aksi Nyata Merawat Benda Bersejarah

Pramuka
FOTO BERSAMA: Anggota Saka Bahari Kota Bekasi foto bersama usai melakukan aksi bersih-bersih Tugu Patriot, belum lama ini.Istimewa

Radarbekasi.id – Aksi bersih-bersih Tugu Patriot yang dilakukan oleh Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Kota Bekasi, bersama pramuka lainnya patut diacungi jempol. Pasalnya, tugu tersebut merupakan monumen bersejarah yang harus dirawat dan dilestarikan.

Sebanyak 60 anggota Saka Bahari mengikuti aksi bersih-bersih Tugu Patriot yang berada di area komplek Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, belum lama ini. Mereka tampak mengambil tiap sampah di area tugu, kemudian mengangkutnya menggunakan karung.

Tugu ini telah berdiri sejak tahun 1975 pada masa pemerintahan Bupati Abdul Fatah. Monumen ini melambangkan kegigihan dan kepatriotan rakyat Bekasi dalam mengusir penjajah dan mencapai kemerdekaan, sampai Bekasi dijuluki ’Kota Patriot’.

Terdapat 5 bangunan yang berbentuk bambu runcing dan tinggi 17 meter yang melambangkan pancasila dan hari kemerdekaan RI. Dan disekitar tugu juga terdapat relief perjuangan rakyat Bekasi dan syair dari Chairil Anwar ’Karawang-Bekasi’.

”Aksi bersih-bersih ini kami lakukan dilakukan agar terbentuk nilai-nilai patriotisme dan karakter bagi generasi muda,” kata Letkol Laut dan Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Kota Bekasi, Heri Sutrisno.

Heri menyadari, situs bersejarah harus tetap dijaga dan dilestarikan agar dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya dikemudian hari. Apalagi Tugu Patriot menjadi kebanggan warga Kota Bekasi.

Aksi yang dilakukan oleh anggota Saka Bahari dan pramuka lainnya ini merupakan bentuk aksi nyata dalam merawat benda bersejarah. ”Kami bukan hanya berbicara dan berwacana, tetapi aksi nyata dengan cara terjun langsung di lapangan dengan cara kerja bersih-bersih,” tukasnya. (cr46)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker