Berita UtamaCikarang

Saluran Irigasi Mengering

Saluran
KERING: Pengendara melintas di samping saluran irigasi yang mengering di Kampung Kelapa Dua, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (22/7). Cr43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kemarau panjang membuat sejumlah saluran irigasi di Kampung Kelapa Dua, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya mengering. Akibatnya areal persawahan di wilayah setempat tidak mendapatkan suplai air dari saluran irigasi tersebut.

Pantauan Radar Bekasi, saluran irigasi yang biasanya dapat menyuplai areal persawahan kondisinya terlihat mengering dan dipenuhi sampah plastik.

Kepala Desa Segara Jaya, Marjaya mengatakan ada sejumlah titik saluran irigasi di wilayahnya mengering sejak tiga bulan yang lalu akibat kemarau panjang tahun ini.

”Saluran irigasi yang biasanya mengalir ke areal persawahan kondisinya mengering dari hasil monitoring ada dua sampai empat saluran terdampak kemarau panjang, sudah ada tiga bulan saluran irigasi itu mengering,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (22/7).

Ia mengatakan, pada tahun sebelumnya kondisi saluran irigasi tersebut masih ada sedikit air yang mengalir. ”Tahun ini rata saluran irigasi disini mengering berbeda tahun sebelumnya masih ada sedikit air yang menggenang, kalau tahun kemarin masih ada airnya setinggi 20 sentimeter,” ucapnya.

Ia menyatakan, mengeringnya saluran irigasi tersebut menjadi kesempatan pihaknya untuk membersihkan sampah-sampah yang memenuhi saluran irigasi di wilayah setempat.

”Perangkat desa bersama warga sekitar saluran irigasi akan membersihkan sampah-sampah yang memenuhi saluran irigas. Jadi kesempatan untuk mengangkat tanah dan sampahnya itu, terlebih untuk menghadapi musim hujan,” katanya. (cr43)

Tags
Close