Pendidikan

Edukasi Manfaat dan Bahaya Listrik

edukasi
SIMULASIKAN GANGGUAN LISTRIK: Manager UP3 Bekasi, Ririn Rahmawardini, dihadapan siswa SDN Margahayu XIV Kota Bekasi, mensimulasikan gangguan listrik akibat layang-layang, dengan alat peraga dari karya inovasi PLN bernama Mr. Edu, Selasa (23/7).Ist

Radarbekasi.id – Siswa SDN Margahayu XIV Kota Bekasi mendapatkan pengetahuan umum tentang ketenagalistrikan dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi di momen Hari Anak Nasional 2019, Selasa (23/7).

Melalui kegiatan bertajuk Electrical for Kids, Manager UP3 Bekasi, Ririn Rahmawardini, secara langsung memberikan edukasi seputar manfaat dan bahaya listrik kepada sekitar 100 siswa sekolah tersebut.

Menurutnya, pengetahuan umum tentang ketenagalistrikan sangat penting dipahami oleh anak-anak sejak usia dini, salah satunya agar anak-anak tidak bermain stop kontak sembarangan.

“Listrik itu sangat dekat dengan kehidupan manusia, sehingga pengetahuannya harus ditanamkan sejak di bangku sekolah,” terang Ririn, disela kegiatan.

Ririn juga berbagi pengetahuan ketenagalistrikan kepada siswa, mulai dari asal mula datangnya listrik, bagaimana listrik sampai ke rumah, hingga keselamatan kelistrikan. Para siswa nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan setelah Ririn berbagai pengetahuan dan ditayangkannya film kartun tentang listrik. Rasa ingin tahu siswa semakin besar saat Ririn mensimulasikan gangguan listrik akibat layang-layang, antena TV, dan ranting pohon dengan alat peraga dari karya inovasi PLN bernama Mr. Edu. Siswa sangat semangat untuk mencoba simulasi secara langsung.

Ririn menambahkan, edukasi ketenagalistrikan tidak hanya sebatas diberikan kepada siswa di sekolah. Tetapi juga masyarakat umum di tempat-tempat yang memiliki bahaya listrik.
“Contoh, Pasar Tradisional, dimana penggunaan listrik terkadang tidak sesuai standar yang sudah ditentukan,” ujar Ririn.

Menurutnya, peristiwa kebakaran kerap terjadi karena diduga akibat dari konsleting listrik. Oleh karena itu, PLN secara rutin memberikan edukasi masyarakat agar peduli terhadap bahaya listrik.

“Edukasi ini sering dilakukan rutin setiap bulan, minggu dan bahkan door to door secara harian,” pungkasnya. (oke)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close