KomoditasMetropolis

Harga Cabai Belum Stabil

RadarBekasi.id – Harga Cabai masih bertengger diangka Rp75 ribu per kilogram. Harga tersebut belum banyak berubah semenjak lonjakan harga sepekan lalu.

Informasi yang dihimpun Radar Bekasi dari Pasar Baru Kecamatan Bekasi Timur, harga cabai merah masih diangka Rp65 ribu, cabai merah keriting Rp60 ribu dan cabai rawit merah Rp75 ribu.

Pada tanggal 17 Juli lalu, harga cabai merah diangka Rp60 ribu, cabai merah keriting Rp63 ribu dan cabai rawit merah Rp70 ribu. Terjadi kenaikan sebesar Rp5 ribu sampai dengan Selasa (23/7) kemarin.

Data  Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) untuk provinsi Jawa Barat per 23 Juli lalu menunjukkan kenaikan pada jenis cabai rawit merah sebesar 0,52 persen atau sekitar Rp77.650.

Sementara untuk dua jenis cabai lainnya yakni cabai merah keriting turun sebesar 3,78 persen atau sebesar Rp64.850 dan cabai rawit hijau turun sebesar 1,26 persen atau sebesar Rp950.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Hambali menilai harga cabai yang masih cenderung tinggi tersebut akibat musim kemarau yang terjadi pada tahun ini.

Beberapa jenis komoditi yang terpengaruh cuaca tersebut dijelaskan yakni cabai dan bawang sehingga harga dipasaran cenderung masih tinggi. “Informasinya karena musim kemarau, mungkin karena air sedang susah,” ungkapnya.

Pasokan cabai dan bawang ini berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dia memastikan jika cuaca memasuki musim hujan, maka harga akan kembali normal.

“Kalau musim hujan kemungkinan murah lagi,  kalau dari sisi kekeringan itu benar juga, terutama bawang sama cabai,” imbuhnya. (sur)

Close