Politik

MK Hentikan Tiga Gugatan Pileg 2019

Radarbekasi.id – Tiga panel hakim Mahkamah Konstitusi (MK) telah merampungkan sidang putusan sela (dismissal), sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif 2019, Senin (22/7) lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menyampaikan, dari delapan gugatan dari Kabupaten Bekasi yang sudah masuk dalam persidangan di MK, tiga diantaranya distop atau dihentikan.

Untuk delapan gugatan tersebut, yakni gugatan PDIP ke KPU untuk suara DPR RI, PPP dapil III menggugat Gerindra, gugatan caleg Gerindra dari dapil V, gugatan PKS kepada Nasdem untuk suara DPR RI, gugatan Partai Berkarya ke Partai Gerinda, gugatan internal Partai Demokrat untuk suara DPRD Provinsi, gugatan internal Partai Nasdem dapil II DPRD Kabupaten Bekasi, dapil IV PKB menggugat Perindo.

“Dari delapan gugatan tersebut, tiga diantaranya dihentikan MK, yaitu gugatan PDIP ke KPU untuk suara DPR RI, PPP dapil III menggugat Gerindra, gugatan caleg Gerindra dari dapil V,” beber Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, Selasa (23/7)

Ia menjelaskan, gugatan dari PDIP dijadikan keputusan akhir, dan tidak masuk persidangan di MK lagi.

“Saat ini tiga gugatan tersebut sudah dihentikan, namun untuk gugatan PDIP tidak disidangkan, tapi nanti diakhir sidang akan dibacakan hasilnya,” kata Jajang.

Lanjutnya, pada sidang ke empat di MK, Selasa (23/7), adalah pembuktian saksi dan keterangan saksi. Nanti setelah itu baru akan ada keputusan dari MK. “Kebetulan ini sudah memasuki sidang ke empat, dan kemungkinan hanya sampai sidang kelima, baru nanti terakhir keputusan,” terangnya.

Jajang memastikan, sampai saat ini tidak ada tambahan bukti untuk menghadapi lima gugatan yang masih dilanjutkan.

“Semua sudah kami siapkan dari awal, dan siap memberi keterangan, termasuk untuk memperkuat alat bukti yang dijadikan dasar, bahwa apa yang kami lakukan di dalam pleno rekapitulasi di tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun ditingkat Provinsi, semuanya bisa kami pertahankan,” tuturnya.

Terpisah, koordinator saksi PKS, Budi Purwanto mengaku, untuk menghadapi sidang gugatan selanjutnya, pihaknya akan membawa lima saksi ke MK, baik saksi dari Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga pusat.

“Kami akan siapkan saksi – saksi untuk menghadapi sidang selanjutnya di MK, karena gugatan kami dilanjutkan. Mudah-mudahan hasilnya sesuai apa yang kami inginkan,” harapnya. (pra)

Delapan Gugatan dari Kabupaten Bekasi ke MK:
Dihentikan:
1. Gugatan PDIP untuk suara DPR RI (merasa datanya beda dengan KPU).
2. PPP dapil III menggugat Gerindra.
3. Gugatan caleg Gerindra dari dapil V (internal partai).

Dilanjut:
1. Gugatan PKS terhadap Nasdem untuk suara DPR RI.
2. Partai Berkarya (merasa suaranya diambil Partai Gerindra seluruh Indonesia).
3. Gugatan internal Partai Demokrat untuk suara DPRD Provinsi.
4. Gugatan internal Partai Nasdem dapil II DPRD Kabupaten Bekasi.
5. Dapil IV PKB menggugat Perindo.

Sumber: KPU Kabupaten Bekasi

Close