Berita UtamaPendidikan

Siswa Boleh Pakai Seragam Lama

seragam
BELAJAR : Siswa SMPN 34 Kota Bekasi mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Sekolah ini membolehkan siswa memakai seragam lama, asal layak pakai.Dewi Wardah

Radarbekasi.id – SMPN 34 Kota Bekasi tak mewajibkan peserta didik baru membeli seragam yang dijual di koperasi. Sekolah ini juga membolehkan siswa memakai seragam lama dari angkatan sebelumnya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMPN 34 Kota Bekasi, Kuswoyo, mengatakan sekolahnya tak mengeluarkan kebijakan wajib pembelian seragam melalui koperasi. Sebab, masalah keuangan sangat sensitif terutama bagi orang tua yang memiliki keterbatasan dana.

Oleh karena itu, siswa dipersilahkan untuk membeli seragam di luar sekolah. Namun demikian, koperasi sekolah tetap menerima pembelian seragam dari siswa yang memesan.

“Kami perbolehkan siswa yang ingin membeli seragam sekolah di luar, termasuk jika siswa sudah memiliki seragam SMPN 34 dari angkatan yang lalu (boleh dipakai), tetapi tentunya seragam yang masih layak pakai,” ujar Kuswoyo kepada Radar Bekasi, Selasa (23/7).

Koperasi sekolah yang berlokasi di Jalan Wibawa Mukti ini belum menetapkan besaran biaya seragam. Harga baru ditetapkan setelah ada pesanan dari siswa.

Sebab, koperasi harus survei terlebih dahulu ke tempat pembuatan seragam (konfeksi) untuk mengetahui harga. Biasanya, besaran harga sangat tergantung pada jumlah seragam yang dipesan.

Semakin banyak seragam yang dipesan, maka harganya lebih murah. Namun sebaliknya, harga akan lebih tinggi apabila pemesanan seragam sedikit.
SMPN 34 Kota Bekasi memberikan waktu selama satu bulan bagi siswanya untuk melengkapi seragam yang sudah ditentukan. ”Kami sudah punya ketetapan seragam yang digunakan setiap hari, maka dari itu kami akan berikan waktu selama 1 bulan bagi siswa untuk melengkapi semua seragam tersebut,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi SMP pada Disdik Kota Bekasi, Mawardi, telah mengimbau pihak sekolah di wilayahnya untuk tidak membuat kebijakan yang memberatkan wali murid dalam hal biaya seragam. (cr46)

Tags
Close