Pendidikan

Mudahkan Lulusan Dapat Kerja

Permudah
TUNJUKAN GEDUNG : Ketua Yayasan SMK Gema Karya Bahana, Alie Fauzie (kiri) menunjukan gedung sekolah yang sedang dibangun, Rabu (24/7).Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMK Gema Karya Bahana menyadari bahwa lembaga pendidikan harus bermitra dengan dunia industri untuk memudahkan siswa mendapatkan kerja setelah lulus.

“SMK itu harus memiliki kerja sama dengan dunia industri (Dudi), kalau tidak memiliki itu (kerja sama) mau disalurkan kemana siswa yang lulus nanti,” ujar Kepala Sekolah SMK Gema Karya Bahana, Andi Murgeim, di ruang kerjanya, Rabu (24/7).

Sekolah yang berlokasi di Pekayon Jaya, Bekasi Selatan ini baru dibuka pada tahun ini. Adapun jurusan yang ada yakni Akutansi, Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, dan Teknik Bisnis Sepeda Motor.

Antusias masyarakat sekitar untuk bersekolah di SMK Gema Karya Bahana, cukup tinggi. Hal itu terbukti dari jumlah peserta didik baru yang diterima tercatat sebanyak 360 siswa. Menempati 10 ruangan, masing-masing kelas diisi 36 siswa kelas 10.

“Awalnya kita mau buka 8 kelas saja, tetapi dengan membludaknya siswa yang mendaftar kami putuskan untuk membuka 10 kelas di tahun ini,” kata Andi.

Kendati sebagai sekolah baru, SMK Gema Karya Bahana, sudah melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dengan 23 perusahaan. Mulai dari perusahaan perbankan, perdagangan, hingga otomotif.

Puluhan perusahaan tersebut diantaranya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank DKI, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Astra Daihatsu Motor, PT Toyota Astra Motor, PT Cahaya Usaha Mandiri, PT Skyworth Indonesia, dan PT Denko Wahana Industries.

“Untuk kerja sama awalnya kita hanya 20 perusahaan dan saat ini ada 3 perusahaan yang akan menyusul untuk bekerja sama dengan SMK Gema Karya Bahana,” terangnya.

Ia menambahkan, kerja sama dengan dunia industri sebagai upaya sekolah untuk mempersiapkan peserta didik yang unggul dan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.

Sementara itu, Ketua Yayasan SMK Gema Karya Bahana, Alie Fauzie, menambahkan, dibukanya sekolah ini bukan hanya sekedar memberikan bekal berupa ilmu pendidikan. Tetapi juga akan membentuk karakter dan akhlak yang dimiliki siswa.

”Kita bukan hanya memberikan materi pelajaran saja, tapi kami akan berusaha membentuk karakter dan akhlak si anak,” ujarnya.

Selain itu, juga untuk memudahkan orang tua siswa yang memiliki keterbatasan biaya untuk menyekolahkan anaknya. Sebab, pihaknya memberikan diskon 50 persen bagi masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

“Sekolah di SMK Gema Karya Bahana ini siswa bisa masuk dengan harga yang terjangkau, jadi anak bisa tetap bersekolah dan mengenyam bangku pendidikan,” pungkasnya. (cr46)

Tags
Close