InfrastrukturMetropolisPublik

Ribuan Meter Lahan Islamic Tergusur

Radarbekasi.id – Lahan Islamic Center yang digunakan untuk pembangunan Tol Becakayu disepakati seluas 5.000 meter persegi. Demikian diungkapkan oleh Ketua Yayasan Nurul Islam KH Noer Alie Paray Said.

Bangunan yang akan terdampak proyek itu adalah rumah imam masjid dan gedung prasekolah karena berada persis di bawah sepadan tol.

“Tadinya 7.000 m2 lahan yang terkena, tapi karena setelah dirapatkan akhirnya hanya 5.000 m2, dan kami tidak bisa menolak, ini proyek strategis nasional. Kita terima karena hanya sebagian bangunan saja yang terkena dampak, masjidnya tidak kena,” ucap Paray saat dikonfirmasi, Rabu (24/7).

Ia memastikan pembangunan Tol Becakayu seksi 2-A tak akan menganggu pembangunan Masjud Nurul Islam baru.

“Masjid sih Alhamdulillah tidak kena, yang kena itu bangunan sekolah preschool, tapi kena bagian dapurnya saja. Sedangkan  untuk bangunan rumah imam hampir seluruhnya terkena sehingga rencananya akan dipindahkan ke sisa lahan sekolah preschool,”terangnya.

Ia berharap pemerintah pusat memberi dana kompensasi terhadap yayasan untuk pembangunan masjid di kompleks Islamic Center itu.

“Semuanya sudah clear sudah disepakati. Kita tidak bisa halalangi karena ini untuk kepentingan nasional, tapi kita ingin ada konpensasi. Kalau secara informal sudah kita beritahukan kepada pihah pemerintah, tinggal nanti secara formal kami membuat surat kepada Kementerian PUPR sekaligus audiesi agar ada dana konpensasi dari imbas tersebut untuk pembangunan Masjid,” tutupnya.(dyt/pjk)

Close