Pendidikan

Komitmen Terapkan Program Sekolah Ramah Anak

JAWAB PERTANYAAN
JAWAB PERTANYAAN : Siswa SMPN 21 Kota Bekasi berusaha menjawab pertanyaan dari gurunya saat proses belajar dan mengajar di dalam kelas, Kamis (25/7). Sekolah ini komitmen menerapkan program sekolah ramah anak sejak tiga tahun belakangan.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMPN 21 Kota Bekasi komitmen menerapkan program sekolah ramah anak sejak tiga tahun belakangan. Selain sebagai upaya mengenalkan siswa kepada lingkungan dan membangun akhlak, program ini juga memberikan ilmu yang tak dapat dikelas.

Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana SMPN 21 Kota Bekasi, Sri Utari, mengungkapkan penerapan program sekolah ramah anak sudah memasuki tahun ke empat. Program tersebut dinilai cukup penting untuk menjalin hubungan yang baik, antara guru dan murid.

“Ini menjadi salah satu kegiatan yang positif bagi sekolah dan menjadi salah satu acuan sekolah agar siswa dan guru bisa menjalin kebersamaan,” ujar Sri, kepada Radar Bekasi, Kamis (25/7).

Terdapat empat program dalam sekolah ramah anak. Pertama program Ngabaso (Ngabring ka Sakola), atau jalan menuju ke sekolah yang dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis.
Kemudian kedua, program Keputrian, yakni kegiatan perempuan seperti edukasi seputar reproduksi serta cara membuat kerudung. Program ini dilaksanakan setiap Jumat.

Selanjutnya ketiga program Outdoor Class Room Day (OCD) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali di tanggal 9, dan keempat program Peduli Lingkungan yang dilaksanakan setiap Senin. “Beberapa program kami bedakan harinya agar program ini semuanya berjalan dengan efisien dan kondusif,” katanya.

Pada tahun ajaran 2019/2020, kata Sri, SMPN 21 Kota Bekasi menerima 375 peserta didik baru. Para siswa baru bakal diperkenalkan program sekolah ramah anak mulai Agustus.
“Untuk tahun ajaran ini, program sekolah ramah anak belum kami laksanakan lagi. Kemungkinan akan kami laksanakan pada awal Agustus nanti bagi siswa barunya,” tukasnya. (cr46)

Tags
Close