Olahraga

Menengok Cara ISSI Kabupaten Bekasi Menggaet Atlet

Bidik Atlet di Kejuaraan hingga Menyasar Kalangan Komunitas Sepeda

Issi
SILATURAHMI: Pengurus cabang (Pengcab) ISSI Kabupaten Bekasi ketika menghelat silaturahmi dengan sejumlah komunitas dan klub sepeda di Kabupaten Bekasi. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mulai mencari bibit atlet usia dini dari komunitas sepeda yang ada di Kabupaten Bekasi. Pihak pengurus cabang (Pengcab) mulai melakukan pencarian atlet sebagai persiapan menghadapai Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIV 2022.

Proses verifikasi klub menjadi langkah awal Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Bekasi guna melihat potensi atlet muda yang bisa dipersiapkan mengikuti Porda 2022.

Sekretaris Umum ISSI Kabupaten Bekasi, Ahmad Khumaedi mengatakan, tahap pengumpulan komunitas sepeda menjadi langkah awal. Hasil verifikasi, setiap komunitas memiliki pesepeda muda yang memungkinkan untuk dibina pengurus cabang (pengcab).

“Kurang lebih komunitas yang terdata saat ini ada 90. Semuanya sudah kita kumpulkan. Setiap komunitas sebagian besar memiliki atlet usia dini,” ujarnya saat di temui Radar Bekasi, di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Jalan Rawa Tembaga, Kecamatan Bekasi Selatan.

Lebih lanjut, atlet yang dimiliki komunitas sepeda, nantinya akan dilibatkan menghadapi kejuaran.

Setelah diikutsertakan pada kejuaraan akan diverifikasi ulang. Untuk selanjutnya, di tentukan mana saja yang bisa diberikan binaan oleh Cabor.
“Kita juga terbantu. Bila ada kejuaraan, kita kan bisa langsung meminta atlet dari tiap komunitas itu,” bebernya.

Menurutnya, langkah pencarian atlet di tingkat komunitas sepeda di Kabupaten Bekasi adalah terobosan awal. Dimana sebelumnya, atlet yang digunakan dalam event Porda dicari secara acak.

“Dengan menerapkan pola ini. Saya rasa, kita tidak akan kesulitan dalam mencari atlet binaan,” bebernya.

Sejauh ini, ISSI Kabupaten Bekasi, hanya menyisakan tiga atlet potensial pasca Porda 2018 lalu.

Dua dari tiga atlet yang dimiliki kini tengah menghadapi pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat dan satu lagi, yakni Andri Patwati tengah menjalani latihan rutin untuk menghadapi kejuaran nasional.

“Bila melihat potensi dari tiap komunitas sekarang, kita (ISSI) sudah memetakan bibit baru buat atlet kita kedepan,” tukasnya. (dan)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close