Berita UtamaLingkunganMetropolis

Dewan Tunggu Respon KLHK

Pencemaran Kali Bekasi

RadarBekasi.id – Legislator Kota Bekasi mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperhatikan pencemaran Sungai Cileungsi yang berimbas kepada Kota Bekasi lewat Kali Bekasi.

Hingga kini, upaya permohonan yang disampaikan oleh legislatif belum direspon oleh Jawa Barat maupun kementerian.

”Kami dan eksekutif (pemerintah daerah) sudah mendorong ke Jawa Barat dan kementerian, tapi kita masih menunggu laporan dari mereka terkait aduan yang kita serahkan,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi, Komarudin.

Menurut dia, berdasarkan penelusuran Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi bahwa pencemaran limbah terjadi di wilayah Kabupaten Bogor dalam hal ini Kecamatan Cileungsi. Dia berharap, agar pemerintah daerah setempat ikut turun tangan mengawasi perusahaan yang beroperasi, karena limbah yang dibuang sangat merugikan Kota Bekasi.

”Kalau kita (Kota Bekasi) sebetulnya sudah mengawasi dengan baik perusahaan-perusahaan yang berdiri di sekitar Kali Bekasi. Bahkan beberapa waktu lalu ada yang sampai disegel oleh Wali Kota,” ucapnya.

Bahkan, kata Komar, belum lama ini pemerintah daerah sudah melakukan pembersihan sampah-sampah di wilayah Kali Bekasi. Makanya, kata dia, pihak Kota Bekasi hanya menunggu aksi konkrit dari Pemerintah Kabupaten Bogor dan Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengawasi perusahaan-perusahaan tersebut.

”Selain limbah industri aliran Sungai Cileungsi juga dipenuhi limbah rumah tangga,” tukasnya. (pay)

Close