Berita UtamaMetropolis

Kali Perbatasan Terbengkalai

Sampah Dibiarkan Menumpuk

RadarBekasi.id – Bau tiak sedap langsung tercium ketika melintas kawasan perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bekasi, tepatnya di Kali Bahagia, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.

Kondisi tersebut akibat menumpuknya sampah domestik sejak dua bulan terakhir. Tumpukkan sampah diperkirakan sepanjang satu kilometer itu belum ditangani, baik oleh warga maupun pemerintah setempat.

Kali tersebut berada di perbatasan perumahan Graha Persada Pesona, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi dengan perumahan Sektor V Pondok Ungu Permai, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

”Sebenarnya sampah itu sudah dua bulan ini penuh, alirannya itu dari Marakas sampai kesini. Panjangnya ada satu kilo lebih kali itu penuh sampah,” ungkap Maman (35) saat dijumpai di rumahnya yang berdekatan dengan bibir sungai.

Dia mengaku beberapa kali sempat membersihkan sampah di kali tersebut. Namun usai lebaran keberadaan sampah tidak terkendali.

Sampah-sampah yang memenuhi kali nampak tidak bergerak sedikit pun. Pasalnya, air di dalam kali juga tidak mengalir sehingga sampah mengendap. Dia berharap pemerintah bertindak cepat menangani persoalan tersebut sebelum musim hujan tiba.

Terpisah, Kepala UPTD Lingkungan Hidup Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Markum mengaku sudah menerima aduan dari warga. Dijelaskannya tahun 2018 lalu, untuk wilayah Kota Bekasi sudah dilakukan pengerukan.

”Memang beberapa waktu lalu sudah ada laporan dari warga, nanti saya akan cek, Kali itu berada diwilayah kabupaten atau kota, kalau yang di PUP itu yang ditengah masuk wilayah Kota  Bekasi. Kalau posisinya di Kota Bekasi akan kita tindak lanjuti,” ungkapnya ketika dihubungi Radar Bekasi.

Diketahui, sampah yang memenuhi kali perbatasan itu didominasi sampah plastik hingga Styrofoam.  (sur)

Close