Metropolis

Overpass Ditarget Rampung Akhir Tahun

Overpass Ditarget Rampung Akhir Tahun
BAKAL TAMBAH MACET: Pengendara melintas di simpang Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. Proyek pembangunan tol Becakayu yang melintas di simpang Jalan Ahmad Yani diprediksi bakal membuat arus lalulintas dilokasi tersebut tersendat. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RadarBekasi.id – Pihak PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), memastikan pembangunan jembatan dan overpass di simpang Jalan Ahmad Yani bisa selesai berbarengan tahun 2019 ini.

Pembangunan tersebut ditargetkan selesai bersamaan dengan Tol Becakayu seksi 2A.

Trase tol Becakayu seksi 2A ini akan berakhir di Jalan Ahmad Yani, diujung trase terdapat pintu masuk dan pintu keluar yang rencananya akan memakai lahan milik PT Amarta Karya. Sehingga pengguna kendaraan roda empat bisa masuk dan keluar tol di kedua ramp baik on maupun off.

Sejauh ini kontruksi tol layang tersebut terus bergerak menuju ke jalan Ahmad Yani. namun tanda-tanda pembangunan overpass untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah Jalan KH Noer Ali arah Jakarta ditutup belum terlihat.

Pelaksana tol Becakayu tersebut berjanji untuk menyelesaikan pembangunan jembatan di atas Kalimalang untuk mengalihkan pengendara dari arah Bekasi Timur melalui Jalan M Hasibuan menuju ke jalan sisi Giant dan overpass yang akan melintas di atas jalan Ahmad Yani pada akhir tahun ini.

”Sama dua-duanya harus elesai, tahun ini kan satu paket. Kalau nggak salah yang disana sudah dikerjakan rigidnya (jalan sisi giant),” ungkap Direktur Tehnik dan Operasional tol Becakayu, Ayuda Prihantoro saat dijumpai di Kantornya, Senin (29/7).

Saat ini pengerjaan badan jalan di sisi Giant tengah dilaksanakan oleh KKDM, setelah itu pihaknya baru akan fokus untuk bersiap membangun overpass dan jembatan. Terkait dengan gangguan lalu lintas selama pembangunan overpass, Ayuda mengaku arus lalu lintas selama pembangunan overpass sudah dikaji.

Jembatan dan overpass tersebut nantinya akan disertakan I conic untuk memperindah bangunan tersebut. Hal ini diminta oleh Pemerintah Kota Bekasi untuk menjaga estetika kota.

”Sudah dibahas di BMSDA dalam rapat. Utusan kami selalu rapat, itu sudah ada kajiannya (gangguan lalin),” imbuhnya.

Pembangunan overpass dan jembatan tersebut diperkirakan menghabiskan anggaran sampai 100 Miliar. Diantaranya 70 Miliar untuk overpass dan 30 Miliar lainnya untuk membangun jembatan baja diatas kalimalang tepatnya sebelum siltrap.

Selesai seksi 2A, pembangunan akan dilanjutkan kembali pada seksi 2B yang membentang sepanjang tujuh kilometer mulai dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan kawasan Grand Wisata, Tambun. Untuk seksi 2B direncanakan selesai pada tahun 2022. Namun, untuk DED saat ini masih dalam pembahasan terkait dengan trase yang akan dibangun. (sur)

Close